Indonesia Masih di Atas Malaysia dalam Peringkat FIFA

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 11:22 WIB
Indonesia Masih di Atas Malaysia dalam Peringkat FIFA Timnas Indonesia bakal memiliki banyak pertandingan internasional sepanjang 2018. (CNN Indonesia/Andry novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Posisi Indonesia di peringkat FIFA mengalami peningkatan. Indonesia semakin unggul dari Malaysia dalam ranking FIFA terbaru.

Berdasarkan peringkat terbaru yang dirilis FIFA per 18 Januari, Indonesia mengalami kenaikan dua peringkat dan berada di posisi 160. Indonesia berbagi posisi dengan Suriname dan Republik Dominika dengan raihan poin yang sama, 121.

Kenaikan peringkat ini membuat Indonesia semakin unggul atas Malaysia yang mengalami penurunan satu peringkat dan berada di posisi 175. Malaysia hanya mengumpulkan 99 poin.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih jauh berada di bawah Vietnam yang berada di peringkat 112 dunia. Di susul Filipina di posisi 123, Thailand di urutan 129 dan Myanmar yang menempati peringkat 140.
kekuatan tim lawan menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi jumlah poin yang didapat Timnas Indonesia.Kekuatan tim lawan menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi jumlah poin yang didapat Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tak hanya itu, posisi Indonesia masih berada di bawah Papua Nugini yang menempati peringkat 158 dunia. Sementara untuk tim Asia Tenggara dengan posisi terendah adalah Brunei Darussalam [190] dan Timor Leste [191].

Peluang untuk terus meningkatkan prestasi di ranking FIFA masih terbuka lebar di dalam beberapa rangkaian FIFA Matchday sepanjang 2018. FIFA Matchday terdekat akan berlangsung pada 19-27 Maret 2018.
Iran masih menjadi negara Asia dengan peringkat terbaik di ranking FIFA.Iran masih menjadi negara Asia dengan peringkat terbaik di ranking FIFA. ( AFP PHOTO / ATTA KENARE)
Untuk ranking secara keseluruhan, tidak ada perubahan di posisi 14 besar dengan Jerman berada di puncak, disusul Brasil, Portugal, Argentina, dan Belgia di posisi lima besar. Perubahan baru terjadi di posisi 15, di mana Kroasia naik dua posisi. Sementara Inggris dan Meksiko sama-sama turun satu peringkat ke posisi 16 dan 17.

Di kawasan Asia, Iran masih menjadi negara dengan peringkat terbaik meski turun dua posisi ke posisi 34. Iran masih unggul atas Australia yang naik dua posisi ke posisi 36. (har)