Wenger Lebih Sakit Kehilangan Van Persie ketimbang Sanchez

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 21:20 WIB
Wenger Lebih Sakit Kehilangan Van Persie ketimbang Sanchez Kepergian Robin van Persie dirasa lebih menyakitkan ketimbang Alexis Sanchez. (AFP PHOTO/CHRIS RATCLIFFE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arsenal selangkah lagi bakal kehilangan bintangnya, Alexis Sanchez yang memilih hijrah ke Manchester United. Situasi ini mengulang kisah kepergian Robin van Persie beberapa musim lalu.

Kepergian Van Persie ke Old Trafford pada 2012 silam masih menyisakan kepahitan bagi sang manajer, Arsene Wenger. Pasalnya, ketajaman lini depan Meriam London menurun drastis.

Striker asal Belanda itu menjadi salah satu bintang hasil polesan Wenger. Direkrut dari Feyenoord sejak usia 19 tahun, Van Persie melejit sebagai salah satu striker terbaik di dunia.

Van Persie bahkan menjadi ikon di lini depan Arsenal sejak ditinggalkan Thierry Henry yang pindah ke Barcelona. Namun, Van Persie pun memilih hengkang di saat Wenger belum menemukan pengganti sepadan.
Robin van Persie bahkan sukses mencetak gol ke gawang Arsenal kala berseragam Manchester United.Robin van Persie bahkan sukses mencetak gol ke gawang Arsenal kala berseragam Manchester United. (Reuters / Jason Cairnduff)
Sementara Van Persie, justru makin moncer di MU. Eks penggawa timnas Belanda itu bahkan sukses meraih takhta Liga Primer Inggris bersama Red Devils, sebuah gelar yang belum pernah dirasakan di Arsenal.

Kini, Wenger berpeluang kehilangan Sanchez yang juga dicuri MU. Namun, manajer asal Perancis itu menegaskan kepergian Sanchez takkan sesakit seperti kehilangan Van Persie.

"Kami mendatangkan Van Persie ketika dia masih bermain untuk tim cadangan di Feyenoord," kata Wenger seperti dilansir Mirror.

"Kami sudah lama bekerja dengannya. Ketika Anda berhasil membuatnya mencapai potensi terbaik, namun setelahnya mereka pergi, itu adalah hal yang paling menyakitkan.”
Alexis Sanchez menolak memperpanjang kontraknya bersama Arsenal demi hijrah ke Manchester United.Alexis Sanchez menolak memperpanjang kontraknya bersama Arsenal demi hijrah ke Manchester United. (Reuters / Hannah McKay)
Arsenal disebut terpaksa menjual Sanchez ke Manchester United dengan transfer £35 juta setelah pemain asal Chile itu menolak tawaran perpanjangan kontrak.

Dengan kontrak tersisa enam bulan, maka Sanchez bisa meninggalkan Arsenal dengan status bebas transfer akhir musim ini. Arsenal pun memilih melepas gelandang asal Chile dengan tambahan Henrikh Mkhitaryan.

"Fans kami tahu Alexis takkan memperpanjang kontraknya dan mereka telah menerima bahwa tidak ada jalan lain."

"Kami kehilangan seorang pemain, ya, namun kami bisa menggantikannya dengan yang lain. Saya pikir setiap pemain itu bisa digantikan." (ptr)