Chelsea Permalukan Brighton & Hove Albion 4-0

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Sabtu, 20/01/2018 21:38 WIB
Chelsea Permalukan Brighton & Hove Albion 4-0 Chelsea buktikan kemampuan mencetak gol ketika bertandang ke markas Brighton & Hove Albion. (Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chelsea dibayangi krisis gol dan kemenangan di awal tahun 2018. Setelah lima laga tak pernah menang dalam waktu normal 90 menit, The Blues bertandang ke Stadion American Express Community, pada pekan ke-24 Liga Primer Inggris, Sabtu (20/1).

Pertandingan baru memasuki menit ketiga, Chelsea berhasil memecah kebuntuan. Upaya Willian dan Victor Moses membuka celah pertahanan lawan berakhir di kaki Eden Hazard.

Moses yang bergerak ke kanan melepaskan umpan ke kotak penalti. Bola sempat mengenai salah seorang bek Brighton dan mengarah ke Hazard. Dua kali kontrol yang dituntaskan dengan sepakan keras membuat bola bersarang di gawang Matthew Ryan.


Berselang tiga menit dari gol Hazard, Chelsea berhasil menggandakan keunggulan. Kerja sama satu sentuhan yang dilakukan tiga pemain, Willian, Hazzard, dan Michy Batshuayi berhasil mendobrak pertahanan tuan rumah.
Eden Hazard mencetak dua gol untuk Chelsea ketika berhadapan dengan Brighton & Hove AlbionEden Hazard mencetak dua gol untuk Chelsea ketika berhadapan dengan Brighton & Hove Albion. (REUTERS/Hannah Mckay)
Willian menjadi penyelesai peluang setelah menerima umpan back heel dari Batshuayi.

Dibobol dua kali, The Seagulls balik membahayakan gawang lawan. Aksi Ezequiel Schelotto harus dihentikan kiper Willy Caballero dengan pelanggaran, namun wasit Jon Moss tidak memberikan penalti untuk tuan rumah.

Shane Duffy memiliki peluang lain untuk membobol gawang tim tamu, sementara Chelsea juga masih mengancam lewat Hazard, Batshuayi, dan Willian.
Willian (kanan) menjadi salah satu pemain yang aktif membongkar pertahanan Brighton &Willian (kanan) menjadi salah satu pemain yang aktif membongkar pertahanan Brighton & Hove Albion. (REUTERS/Hannah Mckay)
Upaya Brighton mengejar ketertinggalan berlanjut di babak kedua. Pada menit ke-50, Davy Propper membuat peluang yang hampir mengubah angka di papan skor.

Setelah tensi laga sempat sedikit menurun, Brighton kembali menghadirkan ancaman lewat Schelotto yang berhadapan dengan Caballero. Penyelamatan kiper Argentina itu membuat Chelsea tetap memimpin tanpa kebobolan.

Menit ke-77, Hazard mencetak gol keduanya di laga ini. Setelah menerima umpan dari Willian, gelandang timnas Belgia itu menggiring bola dari sisi kiri dan masuk ke kotak penalti. Ketenangan dan akurasi sepakan Hazard mengubah skor menjadi 3-0.

Skor tiga gol tanpa balas membuat Chelsea cukup nyaman mengendalikan laga. Hingga akhirnya sebuah gol pamungkas tercipta satu menit jelang bubar. Umpan panjang Charly Musonda berhasil dimanfaatkan Moses untuk menggenapkan kemenangan Chelsea menjadi 4-0.

Chelsea kini berpoin 50. Kekalahan produktivitas gol membuat mereka berada di bawah MU yang masih menghuni peringkat kedua. Selain menempel MU, tiga poin dari kandang lawan juga membuat anak asuh Antonio Conte unggul tiga poin dari Liverpool yang berada di peringkat keempat. (nva)