Enam Rival Evan Dimas yang Sukses di Timnas Vietnam U-23

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 14:07 WIB
Enam Rival Evan Dimas yang Sukses di Timnas Vietnam U-23 Nguyen Van Toan tampil membela timnas Vietnam di level U-19, U-23, dan senior. (AFP PHOTO / HOANG DINH NAM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Vietnam mencatatkan capaian sensasional dengan menembus partai final Piala Asia U-23. Dari 23 pemain yang dibawa pelatih Park Hang-seo terdapat beberapa pemain yang ikut serta dalam turnamen Piala AFF 2013 di Sidoarjo.

Lima tahun silam, Vietnam menang 2-1 atas anak asuh Indra Sjafri di fase grup. Di partai final giliran Indonesia yang membalas kekalahan lewat babak adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Pham Duc Huy yang mencetak satu gol ke gawang Ravi Murdianto di Gelora Delta Sidoarjo, kini menjadi salah satu pemain tengah di skuat The Golden Dragons.


Pencetak gol ke gawang Indonesia lainnya, Nguyen Van Toan, juga menjadi salah satu pemain yang turut serta ke Piala Asia U-23 tahun ini. Namun Van Toan masih tanpa gol di perhelatan yang berlangsung di China.
Nguyen Cong Phuong menjadi salah satu pemain muda Vietnam yang selalu mendapat tempat di timnas.Foto: AFP PHOTO / MOHD FYROL
Nguyen Cong Phuong menjadi salah satu pemain muda Vietnam yang selalu mendapat tempat di timnas.
Nguyen Cong Phuong yang menjadi pesaing Evan Dimas dalam mengkreasikan serangan dari lini tengah tidak ketinggalan dibawa Hang-seo. Cong Phuong tercatat mencetak satu gol ketika timnas Vietnam U-23 mengalahkan timnas Irak di babak perempat final.

Tiga pemain lain yang merupakan 'jebolan Sidoarjo' di timnas Vietnam U-23 adalah Vu Van Tanh, Luong Xuan Truong, dan Nguyen Phong Hong Duy. Pada 2013, Van Tanh sama sekali tidak bermain saat bertemu Indonesia di fase grup dan final, sedangkan Xuan Truong bertemu tim Merah Putih di fase grup saja dan Hong Duy hanya bermain di partai final.
Nguyen Cong Phuong memiliki pengalaman bertanding dengan Timnas Indonesia di berbagai level kelompok usia.Foto: AFP PHOTO / MOHD FYROL
Nguyen Cong Phuong memiliki pengalaman bertanding dengan Timnas Indonesia di berbagai level kelompok usia.
Timnas Vietnam U-23 berhasil masuk ke putaran final Piala Asia level junior setelah masuk dalam salah satu runner-up terbaik di fase kualifikasi.

Vietnam berada di tempat kedua Grup I di bawah Korea Selatan, mengantongi poin enam dan membukukan 13 gol berbanding tiga kebobolan.

Pada putaran final Piala Asia U-23, Cong Phuong dan kawan-kawan menjadi runner up Grup D. Meski kembali berada di bawah Korea Selatan, mereka mengungguli Australia dan Suriah. (nva)


BACA JUGA