Luis Milla Tidak Takut dengan Timnas Vietnam

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 16:46 WIB
Luis Milla Tidak Takut dengan Timnas Vietnam Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, tidak takut dengan peningkatan timnas Vietnam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemajuan timnas Vietnam U-23 di turnamen Piala Asia U-23 2018 patut dicatat. Di bawah pelatih Korea Selatan, Park Hang-seo, timnas Vietnam sukses mencapai babak final ajang tersebut dan akan melawan Uzbekistan. Meski memiliki sejarah baru, namun pencapaian itu tidak menjadi fokus tersendiri bagi pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

Seperti dikutip dari Bongda.com, Luis Milla tetap percaya diri timnya bisa mengalahkan Vietnam apabila keduanya bertemu di Asian Games 2018 nanti. Terlebih lagi, Timnas Indonesia memiliki modal bagus saat melawan Vietnam.

Pada ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Indonesia mengimbangi Vietnam dengan skor 0-0. Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Hanif Sjahbandi mendapat kartu merah.


Hasil itu cukup untuk menyingkirkan Vietnam, sekaligus memastikan tim Merah Putih lolos ke babak semifinal menemani tim kuat Thailand.

Setelah SEA Games 2017, tim berjuluk The Golden Star itu berkembang dengan pesat. Timnas Vietnam mencapai partai puncak untuk kali pertama, sekaligus menjadi tim Asia Tenggara pertama yang melakukannya.
Kali terakhir bertemu, Timnas Indonesia menghadapi Timnas Vietnam di SEA Games 2017.Kali terakhir bertemu, Timnas Indonesia menghadapi Timnas Vietnam di SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)
Setelah di babak grup memenangi persaingan dengan Australia dan Suriah, Vietnam menyingkirkan Irak dan Qatar di perempat final serta semifinal dengan drama adu penalti.

Kendati demikian, Milla tetap tidak peduli dengan pencapaian luar biasa timnas Vietnam. Pelatih asal Spanyol tersebut memiliki keyakinan, dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Timnas Indonesia bisa meladeni Vietnam.
Timnas Indonesia dianggap memiliki potensi untuk Asian Games 2018 nanti.Timnas Indonesia dianggap memiliki potensi untuk Asian Games 2018 nanti. (CNN Indonesia/Andry novelino)
"Lain kali, jika kami bertemu Vietnam di Asian Games, ceritanya akan berbeda, karena kami sudah mempersiapkannya secara menyeluruh," ujar Milla seperti dikutip dari Bongda.com.

Dalam laporan Bongda, mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu memang memantau perkembangan timnas Vietnam, terutama setelah ditangani Park Hang-Seo. Namun, Milla mengaku telah memiliki formula untuk mengalahkan Vietnam.

Dalam pemusatan latihan terakhir, Milla memasukkan lima pemain Timnas Indonesia U-19. Pelatih 51 tahun itu sangat senang pemain mudanya tidak kalah dengan senior mereka. Bongda pun menyebut wajah baru Timnas Indonesia memiliki potensi besar di Asian Games 2018.

[Gambas:Video CNN] (har)