Pebalap Swiss Juara Etape I Tour de Indonesia 2018

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Kamis, 25/01/2018 16:06 WIB
Pebalap Swiss Juara Etape I Tour de Indonesia 2018 Pebalap tim Malaysia, Sapura Cycling asal Swiss Page Dylan tampil sebagai juara di etape pertama Tour de Indonesia 2018, Kamis (25/1). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap asal Swiss Page Dylan yang membela tim Sapura Cycling asal Malaysia tampil sebagai juara di etape pertama Tour de Indonesia 2018, Kamis (25/1).

Dylan mencatatkan waktu dua jam 42 menit 04 detik untuk menempuh jarak 124,7 kilometer dari Candi Prambanan menuju Alun-Alun Ngawi.

“Ini pertama kali saya balapan di Indonesia. Saya tidak terlalu berharap bisa naik podium. Jalurnya juga menguntungkan buat sprinter seperti saya. Semoga besok [Jumat, 26/1] saya dapat hasil yang bagus lagi,” kata Dylan.


Dylan menjadi yang pertama masuk ke garis finis bersama dengan satu peleton pebalap lainnya, termasuk atlet tim pelatnas Indonesia, Projo Waseso dan Abdul Gani ang menempati peringkat kedua dan ketiga.

“Luar biasa, ini podium pertama saya tahun ini. Kemenangan ini saya persembahkan untuk tim saya yang dari awal kompak walaupun ada tiga yang crash, bisa masuk ke rombongan lagi. Mereka benar-benar menjalankan instruksi pelatih dengan baik dan benar sehingga bisa mengantarkan saya ke podium,” jelas Projo yang juga kapten tim Timnas Indonesia.

Untuk kategori Ivory Jersey atau pebalap tercepat di kategori sprint diraih Nur Amirull Fakhruddin Mazuki dari Trengganu Cycling Team. Disusul Robin Manullang (PGN Road Cycling Team) dan Mathew Zenovich (St George Continental Cycling Team) yang semuanya meraih lima poin.

Selanjutnya, para pebalap akan bersiap untuk melanjutkan balapan di etape kedua yang dimulai dari Kota Madiun menuju Kota Mojokerto sejauh 115,7 kilometer, Jumat (26/1).
Pebalap Indonesia Projo Waseso menempati peringkat kedua di etape I Tour de Indonesia 2018.Pebalap Indonesia Projo Waseso menempati peringkat kedua di etape I Tour de Indonesia 2018. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Sosialisasi Asian Games 2018

Tour de Indonesia tahun ini juga menjadi bagian dari ajang sosialisasi Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) menganggap kejuaraan balap sepeda tahunan ini penting dan menjadi sarana yang tepat untuk menyebarluaskan gaung ajang multicabang olahraga terbesar di Asia ke seluruh pelosok Indonesia dan dunia internasional.

“Ini kan berbicara tentang promosi, tapi tidak hanya lingkup dalam negeri tapi luar negeri juga karena Tour de Indonesia ini sebagai salah satu bagian dari tur dunia,” ujar Deputi I Bidang Games Operating Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Harry Warganegara.

[Gambas:Video CNN]

(sry)