Valentino Rossi Khawatir Usai Tes MotoGP di Sepang

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 11:00 WIB
Hasil tes pramusim MotoGP 2018 di Sepang menyisakan kekhawatiran dan tanda tanya bagi pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi. Hasil tes di Sepang menyisakan kekhawatiran dan tanda tanya bagi Valentino Rossi. (AFP PHOTO / Manan VATSYAYANA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil tes pramusim MotoGP 2018 di Sepang menyisakan kekhawatiran dan tanda tanya bagi Valentino Rossi. Dalam uji coba motor baru YZR-M1 selama tiga hari di Sirkuit Internasional Sepang, 28-30 Januari 2018, pebalap Movistar Yamaha itu gagal menjaga performa terbaik.

Pada tes hari kedua Maverick Vinales dan Rossi berada di urutan pertama dan kedua. Namun, posisi mereka melorot drastis pada tes hari ketiga atau tes pamungkas, Selasa (30/1).

The Doctor di urutan kedelapan, sedangkan Vinales berada pada posisi yang sangat jauh, yakni urutan ke-18.


Rossi lantas mengatakan yang dialaminya itu seperti pengalaman pada November 2016, tepatnya pada tes di Valencia. Posisinya melorot drastis setelah performanya impresif pada tes hari pertama dan kedua saat itu.
Performa Valentino Rossi pada tes hari ketiga di Sirkuit Internasional Sepang menurun drastis. (Performa Valentino Rossi pada tes hari ketiga di Sirkuit Internasional Sepang menurun drastis. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
"Kami sedikit cemas, kami harus memahami penyebabnya karena pada tes di Valencia [2016] hal itu juga pernah terjadi pada hari terakhir," ujar Rossi dikutip dari Crash.

"Pada Selasa [di Valencia], saya dan Maverick [Vinales] merasa nyaman dengan motor dan ban. Hari berikutnya, motor yang sama, ban sama, temperatur yang sama pula, tapi kami kehilangan kecepatan dan kami tidak mengerti."

Seperti diketahui, tim Movistar Yamaha melakukan sejumlah uji coba seperti tes elektronik, ban, dan sasis pada tes di Sirkuit Sepang.

"Hari ini [masalah] kembali terjadi dan sedikit sama [seperti di Valencia] sehingga kami harus mengerti penyebabnya."

"Kami mengalami sedikit kesulitan pada pagi hari dengan cengkeraman ban. Agak sulit mengendarai motor dengan keterbatasan itu," kata Rossi.

Setelah menjalani tes selama tiga hari di Sirkuit Sepang, para pebalap MotoGP akan kembali melakukan tes di Sirkuit Buriram, Thailand, pada 16-18 Februari 2018. Seri pertama MotoGP 2018 akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, 18 Maret mendatang. (sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK