Coutinho Urus Paspor Portugal

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 13/02/2018 19:43 WIB
Coutinho Urus Paspor Portugal Philippe Coutinho bisa mendapat paspor Portugal setelah menikahi orang Portugal. (Kim Klement-USA TODAY Sports via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain Barcelona yang baru didatangkan dari Liverpool, Philippe Coutinho mengakui sedang mengurus paspor Portugal.

Coutinho menjalani proses tersebut guna mendapat kewarganegaraan ganda yang akan bermanfaat bagi keperluan transfer pemain Barcelona.

Saat ini Blaugrana memiliki tiga orang pemain yang berasal dari negara non-Uni Eropa.Dengan kondisi tersebut maka Barca tidak dapat mendatangkan pemain dari luar Uni Eropa lagi pada bursa transfer mendatang.


Untuk menjaga peluang tim barunya mendapatkan pemain dari luar Uni Eropa, pemain yang sudah mencetak satu gol untuk Barcelona itu memutuskan mengurus paspor Portugal, negara asal sang istri yang sudah dinikahinya pada 2015.
Philippe Coutinho berniat mendapat kewarganegaraan ganda untuk membantu Barcelona di bursa transfer pemain.Philippe Coutinho berniat mendapat kewarganegaraan ganda untuk membantu Barcelona di bursa transfer pemain. (REUTERS/Heino Kalis)
Coutinho diperbolehkan mendapat paspor setelah menikah selama tiga tahun.

"Ya saya bisa mendapat kewarganegaraan [Portugal] melalui istri saya," ujar Coutinho dilansir dari Mundo Deportivo.

Mendapat paspor negara Uni Eropa lewat jalur pernikahan juga dilakukan sebelumnya oleh Luis Suarez yang beristrikan orang Italia.

Saat ini, selain Coutinho terdapat Paulinho dan Yerry Mina yang masih berstatus sebagai pemain non-Uni Eropa.

Jika Coutinho bisa mendapat paspor Portugal maka Barcelona menjaga peluang mereka mendapatkan pemain Brasil berusia 21 tahun bernama Arthur Melo yang kini bermain di Gremio.

Kendati mendapat paspor Portugal, Coutinho tidak akan beralih membela timnas Portugal. Dalam aturan FIFA, seseorang yang telah memiliki caps di timnas sebuah negara tidak diperkenankan membela timnas lain. (jun)