Babak Pertama, City Unggul 3-0 di Kandang Basel

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 03:45 WIB
Babak Pertama, City Unggul 3-0 di Kandang Basel Sergio Aguero mencetak gol ketiga City pada babak pertama. (Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester City unggul 3-0 atas Basel pada babak pertama leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion St. Jakob Park, Rabu (14/2). Gol-gol City dicetak Ilkay Guendogan, Bernardo Silva, dan Sergio Aguero.

Pada awal-awal babak pertama, City harus bersabar membongkar pertahanan Basel. Maklum, dalam laga ini, tuan rumah menggunakan lima pemain belakang dengan empat gelandang.

Permainan Basel cenderung pragmatis dengan mengusung pertahanan kompak, lalu cepat mengalirkan bola ke depan untuk melakukan serangan balik. 


The Citizens datang ke St. Jakob Park dengan kekuatan penuh. Termasuk membawa winger Leroy Sane yang berada di bangku cadangan. Pemain asal Jerman itu pulih lebih cepat dari cedera ligamen yang dideritanya pada Januari lalu.

City yang memiliki kualitas individu lebih bagus dibanding Basel mampu menguasai permainan. City membangun menyerang Basel dari segala sisi, kanan, kiri, dan tengah.
Kevin De Bruyne memberikan assist untuk gol pertama City yang dicetak Ilkay Guendogan.Kevin De Bruyne memberikan assist untuk gol pertama City yang dicetak Ilkay Guendogan. (Reuters/Andrew Boyers)
City akhirnya bisa membobol gawang Basel pada menit ke-14 melalui gol Guendogan memanfaatkan umpan Kevin De Bruyne.

Empat menit kemudian, tim asuhan Josep Guardiola itu menambah keunggulannya menjadi 2-0 melalui Bernardo Silva.

Striker andalan The Citizens, Aguero ikut menyumbang gol pada menit ke-23 setelah mendapatkan assist dari Fernandinho.
Meski basel bermain bertahan, City sukses mencuri tiga gol pada babak pertama.Meski basel bermain bertahan, City sukses mencuri tiga gol pada babak pertama. (Reuters/Andrew Boyers)
Di bangku cadangan, Guardiola juga masih menyimpan beberapa pemainnya seperti Claudio Bravo, Danilo, Phil Foden, Aymeric Laporte, John Stones, dan David Silva.

Nama-nama semisal Sane dan David Silva bisa dimainkan pada babak kedua guna menambah daya dobrak City.

Leg kedua babak 16 besar Liga Champions City melawan Basel akan digelar 8 Maret 2018 nanti.

Susunan Pemain

Basel: Tomas Vaclik; Michael Lang, Leo Lacroix, Taulant Xhaka, Marek Suchy, Blas Riveros; Mohamed Elyounoussi, Fabian Frei, Geoffroy Serey Die, Valentin Stocker; Dimitri Oberlin

Manchester City: Ederson Moraes; Kyle Walker, Vincent Kompany, Nicolas Otamendi, Fabian Delph; Kevin De Bruyne, Fernandinho, Ilkay Guendogan; Bernardo Silva, Sergio Aguero, Raheem Sterling
(sry)