Fakta Menarik Jelang FC Porto vs Liverpool

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 13:46 WIB
Fakta Menarik Jelang FC Porto vs Liverpool Liverpool bersiap menghadapi duel penting di markas FC Porto. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duel FC Porto lawan Liverpool pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan tersaji di Estadio Do Dragao pada Rabu (14/2). Kedua tim bertekad meraih hasil bagus di leg pertama ini.

Liverpool akan bertandang ke markas FC Porto dalam perjuangan mereka di Liga Champions musim ini. Kedua tim pernah mengangkat trofi Liga Champions di era 2000-an dan kini tengah berjuang untuk kembali ke level elite sepak bola Eropa.

Berikut fakta menarik jelang FC Porto lawan Liverpool:

- Duel FC Porto dan Liverpool terakhir kali terjadi pada babak penyisihan Liga Champions musim 2007/2008. Saat Porto jadi tuan rumah, skor imbang 1-1 dan Liverpool berhasil menang 4-1 ketika bertindak sebagai tuan rumah.

- FC Porto menghasilkan 15 gol sepanjang laga penyisihan alias 2,5 gol per pertandingan namun catatan impresif itu kalah jauh dari Liverpool yang membukukan 23 gol (3,8 gol per pertandingan) sepanjang fase grup berlangsung.

- Lini serang Liverpool benar-benar patut diwaspadai oleh FC Porto. Liverpool telah melepaskan 53 tembakan tepat sasaran, unggul jauh atas catatan FC Porto yang hanya mencapai 30 tembakan di enam laga penyisihan.

- Pertahanan Liverpool juga lebih bagus dibandingkan FC Porto. Mereka hanya kebobolan enam gol di babak penyisihan, sedangkan Porto sudah menelan 10 gol dari tim lawan.
Iker Casillas akan coba mengadang ketajaman lini serang Liverpool.Iker Casillas akan coba mengadang ketajaman lini serang Liverpool. (Foto: REUTERS/Miguel Vidal)
- Liverpool hanya berhasil meraih tiga kemenangan dalam 10 laga tandang di Liga Champions. Sisa tujuh laga lainnya berakhir dengan tiga hasil imbang dan empat kekalahan.

- Sementara itu FC Porto meraih lima kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan dalam 10 laga kandang terakhir mereka di Liga Champions.

- Namun khusus untuk laga kandang di seluruh kompetisi musim ini, FC Porto tak terkalahkan dalam 15 laga terakhir dengan torehan 13 kemenangan dan dua hasil imbang. FC Porto terakhir kali kalah pada 14 September lalu saat tumbang 1-3 dari Besiktas di penyisihan grup Liga Champions.
Mohamed Salah mutlak diwaspadai oleh lini pertahanan FC Porto.Mohamed Salah mutlak diwaspadai oleh lini pertahanan FC Porto. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)

- Dalam lima laga terakhir ketika Liverpool mencetak gol, Mohamed Salah selalu ada di dalam daftar pencetak gol. (nva)




BACA JUGA