Persija Tak Mau Ambil Risiko Cedera Para Pemain

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 17:02 WIB
Persija Tak Mau Ambil Risiko Cedera Para Pemain Persija Jakarta tak mau mengambil risiko cedera terhadap Marko Simic dan sejumlah pilar lainnya. (Dok. Persija)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta sengaja tidak memboyong sejumlah pemain pilarnya saat bertolak ke markas Johor Darul Ta'zim (JDT) pada laga perdana Grup H Piala AFC 2018, Rabu (14/2) malam. Kebijakan ini diambil demi menghindari risiko cedera pemain.

Nama-nama bintang seperti Marko Simic, Ismed Sofyan, Rohit Chand, dan Ramdani Lestaluhu dipastikan absen pada laga yang digelar di Stadion Tan Sri Dato Hassan Yunos, Johor Baru, Malaysia.

Direktur Utama Persija Gede Widiade menjelaskan, absennya beberapa pemain bintang Macan Kemayoran itu bukan semata-mata disimpan. Namun, beberapa pemain tersebut memang tengah dilanda cedera usai tampil melawan PSMS Medan di semifinal Piala Presiden 2018.

"Mereka (pemain yang cedera) sekarang sedang terapi. Kalau dipaksakan main bakal tambah parah," kata Gede via telepon kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/2) pagi.
Rohit Chand jadi salah satu pemain yang ditinggal di Jakarta.Rohit Chand jadi salah satu pemain yang ditinggal di Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bomber Persija yang sudah mengemas sembilan gol di Piala Presiden, Marko Simic, disebut mengalami cedera ringan. Dada dan perutnya terinjak saat melawan PSMS yang membuatnya perlu pemulihan dan terapi.

Meski demikian, Gede memastikan timnya tetap memberikan fokus yang sama antara Piala Presiden dan Piala AFC.

"Tidak ada prioritas buat kami. Kami punya target yang sama untuk kedua event tersebut. Saya tegaskan ini juga bukan hanya unsur kelelahan karena saking padatnya jadwal, tapi ada beberapa pemain kami yang cedera dan butuh pemulihan dan terapi," jelasnya.
Ramdani Lestaluhu juga absen lawan Johor Darul Ta'zim.Ramdani Lestaluhu juga absen lawan Johor Darul Ta'zim. (Dok. Persija)
Gede menambahkan, pemilihan pemain yang bakal tampil adalah bagian dari strategi rotasi yang dibuat Pelatih Stefano 'Teco' Cugurra. Setelah tampil di Pasalnya, selain mempersiapkan pemain untuk turnamen pra musim Piala Presiden, Piala AFC juga untuk kompetisi Liga 1 2018.

"Teco harus pandai-pandai merotasi pemain jangan sampai sebelum Liga 1 sudah pada cedera berat," ujarnya.

Alhasil, Persija hanya membawa 18 pemain ke Malaysia dan berharap bisa menang di laga perdananya tampil di ajang Piala AFC 2018. "Siapa yang diturunkan pastinya yang paling siap dan paling fit untuk dimainkan," ujar Gede. (jun/bac)