Sadio Mane Hattrick, Liverpool Menang Telak 5-0 atas Porto

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 15/02/2018 04:47 WIB
Sadio Mane Hattrick, Liverpool Menang Telak 5-0 atas Porto Sadio Mane merayakan gol bersama rekan setimnya setelah membobol gawang Porto. (Reuters/Matthew Childs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool menang telak 5-0 atas FC Porto di Stadion Dragao dalam leg pertama babak 16 besar, Kamis (15/2). Sadio Mane mencetak hattrick dalam laga ini, sedangkan Mohamed Salah dan Roberto Firmino masing-masing mengemas satu gol. 

Liverpool tampil agresif dan bermain cukup efektif di babak pertama dengan unggul 2-0 atas Porto. Tim tamu harus menunggu hingga pertengahan babak pertama untuk bisa mencetak gol melalui Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Porto membuka serangan dalam laga ini melalui tendangan Otavio pada menit kesembilan membentur bek Liverpool dan melayang tipis di atas mistar gawang Loris Karius, hanya berbuah tendangan penjuru untuk Porto.

Sampai pertengahan babak pertama, kedua tim memilih berhati-hati dalam bermain dan tidak terburu-buru dalam membangun serangan.


The Reds akhirnya membuka keunggulan melalui Sadio Mane pada menit ke-25 memanfaatkan umpan Georginio Wijnaldum. Bola liar dari Wijnaldum langsung ditembakkan dengan keras oleh Mane yang tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Jose Sa.
Liverpool harus bersabar di babak babak pertama sebelum gol tercipta melalui Sadio Mane dan Mohamed Salah.Liverpool harus bersabar di babak babak pertama sebelum gol tercipta melalui Sadio Mane dan Mohamed Salah. (Reuters/Matthew Childs)
Tidak butuh lama bagi tim tamu untuk menjauh. Salah menambah keunggulan Liverpool menjadi 2-0 pada menit ke-29. Salah memanfaatkan tendangan keras James Milner yang membentur tiang, dengan brilian dia mengontrol bola lalu mengecoh kiper Porto sebelum mencetak gol.

Di babak kedua, Liverpool tidak mengendurkan serangannya. Tim asuhan Juergen Klopp itu kembali unggul 3-0 melalui Sadio Mane menit ke-53. Lewat serangan balik cepat, Salah memberikan umpan kepada Roberto Firmino, sayang tembakannya diblok kiper Porto, bola liar jatuh di kaki Mane yang langsung menendang bola ke dalam gawang.

Setelah unggul tiga gol, Liverpool memilih mengendurkan tempo permainan, dan menyerang saat lini pertahanan Porto lengah.
Giorginio Wijnaldum memberikan kontribusinya untuk gol pertama Liverpool yang dicetak Sadio Mane.Giorginio Wijnaldum memberikan kontribusinya untuk gol pertama Liverpool yang dicetak Sadio Mane. (Reuters/Matthew Childs)
Meski tidak mengandalkan permainan cepat, nyatanya Liverpool makin meninggalkan Porto dengan keunggulan empat gol setelah Firmino mencetak gol pada menit ke-70. Gol dari Firmino merupakan assist James Milner, itu merupakan umpan kedua Milner dalam laga ini.

Mane mencetak hattrick pada menit ke-85 setelah mendapatkan umpan dari Daniel Ings. Itu gol keenam Mane di Liga Champions musim ini. Sampai pertandingan selesai Liverpool menang 5-0 atas Porto.

Dengan kekalahan itu, Porto tidak pernah menang saat menjamu Liverpool. Dalam dua laga sebelumnya (2001 dan 2007), Porto hanya bisa bermain imbang melawan The Reds.

Liverpool mencetak 16 gol dan kebobolan empat kali dalam empat laga tandang Liga Champions musim ini. Sedangkan Porto kebobolan 11 gol dalam empat pertandingan kandangnya.

Leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Liverpool dan Porto akan berlangsung pada 7 Maret nanti di Stadion Anfield.

Susunan Pemain

Porto: Jose Sa; Ricardo, Diego Reyes, Ivan Marcano, Alex Telles; Sergio Oliveira, Hector Herrera, Moussa Marega, Otavio, Yacine Brahimi; Francisco Soares.

Liverpool: Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil Van Dijk, Andy Robertson; James Milner, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.
(sry)