Kalahkan Eibar, Barcelona Sudahi Puasa Kemenangan

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 18/02/2018 00:28 WIB
Kalahkan Eibar, Barcelona Sudahi Puasa Kemenangan Luis Suarez mencetak gol ke-17 di La Liga musim 2017/2018. (REUTERS/Vincent West)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona mengakhiri puasa kemenangan di La Liga yang berlangsung selama dua pekan. Bertamu ke markas Eibar di Stadion Municipal de Ipurua, Sabtu (17/2), Barcelona menang 2-0.

Tuan rumah yang menempati peringkat ketujuh di klasemen sementara La Liga tampil berani dengan melancarkan serangan di awal babak pertama.

Selain mengancam gawang Marc Andre ter Stegen, Eibar juga mencoba mendominasi penguasaan bola. Statistik pada menit ke-15 menunjukkan Barcelona hanya menguasai bola sebanyak 47 persen.


Namun justru Barcelona memanfaatkan giatnya serangan lawan. Pada menit ke-16 Lionel Messi memberikan umpan terobosan kepada Luis Suarez. Penyerang asal Uruguay itu mendapat ruang yang cukup membuatnya melakukan gerakan tipu kepada kiper Eibar, Marko Dimitrovic.
Lionel Messi gagal mencetak gol ketika Barcelona mengalahkan Eibar pada pekan ke-24 La Liga 2017/2018.Lionel Messi gagal mencetak gol ketika Barcelona mengalahkan Eibar pada pekan ke-24 La Liga 2017/2018. (REUTERS/Vincent West)
Melewati penjagaan Jose Angel dan mengelabui Dimitrovic, Suarez membawa Barcelona unggul 1-0.

Permainan high pressing Eibar cukup membuat Barcelona tidak nyaman memainkan pola serangan.

Di pertengahan babak kedua, tepatnya di menit ke-66, Eibar harus bermain dengan 10 orang setelah Fabian Orellana mendapat kartu kuning kedua.

Keunggulan jumlah pemain tidak lantas membuat Barcelona mampu memperlebar jarak. Eibar bahkan masih mampu membuat pertahanan tim tamu kalang kabut.

Gol kedua Blaugrana di pertandingan ini baru tercipta ketika waktu normal menyisakan dua menit. Jordi Alba yang membantu penyerangan memanfaatkan bola muntah hasil blok Dimitrovic yang menggagalkan peluang Lionel Messi.

Dengan tendangan kaki kanan yang tidak terlalu kencang, Alba menempatkan bola di pojok kanan gawang Eibar.

Kemenangan 2-0 memastikan tambahan tiga poin bagi Barcelona yang kini memimpin klasemen La Liga dengan 62 poin, unggul 10 poin dari Atletico Madrid yang berada di peringkat kedua.

Hasil positif di kompetisi lokal juga menjadi modal jelang laga perdelapan final Liga Champions menghadapi Chelsea, Selasa (20/2), di Stamford Bridge. (nva)