Ban Lama Sebabkan Lorenzo Terpuruk di Tes Pramusim

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 19/02/2018 03:47 WIB
Ban Lama Sebabkan Lorenzo Terpuruk di Tes Pramusim Jorge Lorenzo sempat gunakan motor lama pada tes pramusim di Thailand. (AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap tim Ducati, Jorge Lorenzo, meraih hasil yang tidak menggembirakan pada hari terakhir tes pramusim MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (18/2).

Catatan waktu Lorenzo hanya menempatkannya di peringkat ke-22. Kendati berada di papan bawah, pebalap yang telah mengoleksi tiga gelar MotoGP itu mengaku tidak risau.

"Kita tidak bisa mengambil kesimpulan dari hasil hari ini karena semua pebalap mencoba mencatat waktu terbaik di pagi hari dan saya menggunakan ban lama," kata Lorenzo.


"Saat saya menggunakan ban baru, saya melakukan simulasi balap. Dalam kondisi itu, Anda tidak mungkin mengendarai motor secara agresif seperti ketika memburu waktu," jelasnya.

Lorenzo optimistis kecepatan motornya tidak tertinggal jauh dari para pesaing meskipun mengakui motor Desmosedicinya masih belum secepat tunggangan beberapa rival.
Jorge Lorenzo tempati peringkat ke-22 pada hari terakhir tes pramusim di Sirkuit Buriram, Minggu (18/2).Jorge Lorenzo tempati peringkat ke-22 pada hari terakhir tes pramusim di Sirkuit Buriram, Minggu (18/2). (AFP PHOTO / Mohd RASFAN)
Pada hari terakhir tes di Buriram, Lorenzo menggunakan motor balap tahun lalu karena merasa kurang nyaman dengan motor baru.

"Hari ini cukup sulit, saya tidak begitu percaya diri dan saya tertinggal jauh dari pebalap yang mencatat waktu tercepat, itulah mengapa saya memutuskan menggunakan motor lama," terang pebalap asal Spanyol.

"Penting untuk merasakan motor lama, ada beberapa hal yang lebih baik dibanding motor baru, tapi juga ada beberapa hal yang lebih buruk. Jika harus memilih saat ini dan memberi kesimpulan, saya akan memilih motor baru. Kami memiliki potensi besar," sambungnya.

Dari tiga hari penyelenggaraan tes pramusim di Buriram, catatan waktu Lorenzo tidak dapat menembus posisi 10 besar.

Musim 2018 akan menjadi musim kedua Lorenzo bersama Ducati. Pada musim perdananya, Lorenzo hanya menempati peringkat ketujuh di klasemen akhir. (nva)