Barcelona 84,6 Persen Lolos Usai Tahan Imbang Chelsea

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 18:17 WIB
Barcelona 84,6 Persen Lolos Usai Tahan Imbang Chelsea Hasil imbang 1-1 di Stamford Bridge memperbesar peluang Barcelona lolos ke babak selanjutnya. (REUTERS/David Klein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona bisa tersenyum usai pulang dari markas Chelsea, Stadion Stamford Bridge, dengan hasil imbang 1-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Selasa (20/2). Berdasarkan sejarah, Barcelona lebih sering lolos ke babak selanjutnya.

Barcelona, dikutip dari Marca, sudah 13 kali mendapatkan hasil imbang 1-1 di markas lawan pada leg pertama di Liga Champions. Dari 13 duel tersebut, 11 kali Barcelona sukses melaju ke babak berikutnya. Dengan demikian, Barcelona mencatat presentase keberhasilan 84,6 persen untuk lolos ke babak selanjutnya.

Dua kegagalan Barcelona untuk lolos ke laga selanjutnya terjadi di tangan CSKA Moskow pada musim 1992/1993 dan di tangan Juventus pada musim 2002/2003. Pada musim 1992/1993, Barcelona kalah 2-3 dari CSKA di Camp Nou sedangkan Juventus mampu mencuri kemenangan 2-1 di Camp Nou 10 tahun kemudian.


Terakhir kali Barcelona mendapatkan hasil imbang 1-1 di markas lawan adalah saat mereka berjumpa Stuttgart di musim 2009/2010. Setelah imbang 1-1 di Jerman, Blaugrana menaklukkan Stuttgart dengan skor telak 4-0 di hadapan pendukung mereka.

Barcelona sempat kesulitan menembus pertahanan Chelsea.Barcelona sempat kesulitan menembus pertahanan Chelsea. (Foto: REUTERS/David Klein)
Barcelona sendiri mengalami kesulitan meraih hasil imbang di Stamford Bridge. 'The Blues' benar-benar memberikan perlawanan sengit pada Lionel Messi dan kawan-kawan.

Chelsea punya peluang mencetak gol lebih banyak, termasuk dua tembakan Willian yang membentur tiang. Namun, pada akhirnya Barcelona bisa bernapas lega karena mereka mampu memaksimalkan satu kesalahan lini belakang Chelsea.

Umpan salah yang dilakukan Andreas Christensen berhasil dikuasai Andres Iniesta. Gelandang veteran itu lalu memberikan assist kepada Lionel Messi yang dengan tenang menggetarkan gawang Chelsea. (har)