Sakit, Luis Milla Absen di Seminar PT LIB

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 02/03/2018 21:11 WIB
Sakit, Luis Milla Absen di Seminar PT LIB Luis Milla absen dalam seminar law of the game yang digelar Jumat (2/3) karena sakit. (Dok. PSSI FAI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla absen dalam seminar Law of The Game yang digelar PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi, Jumat (2/3). Padahal, kehadiran Luis Milla dibutuhkan untuk bisa menjabarkan program Timnas Indonesia jelang Asian Games 2018.

Penjelasan dari pelatih asal Spanyol itu diperlukan agar klub tidak kesulitan saat pemainnya dipanggil Timnas Indonesia. Termasuk untuk penyusunan jadwal kompetisi Liga 1 2018.

"Kami akan cari waktu lain, kebetulan Luis Milla lagi sakit," kata Direktur Operasional LIB Tigor Shalomboboy, Jumat (2/3).


PT LIB sebagai penyelenggara seminar Law of The Game sudah meminta kepada PSSI agar hadir dalam acara tersebut. PT LIB berharap kehadiran Luis Milla dan PSSI untuk bisa menjelaskan kepada klub kriteria dalam menentukan pemain yang bakal dipanggil ke timnas nantinya.
PT LIB baru mengetahui program Timnas Indonesia sampai Asian Games 2018.PT LIB hanya mengetahui program Timnas Indonesia sampai Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Saat ini agenda dan program yang kami tahu hanya untuk (Timnas Indonesia) U-23. Padahal, akhir dari kompetisi ini berdekatan dengan Piala AFF. Kami tidak tahu, apakah yang disiapkan timnas U-23 atau senior (untuk Piala AFF)," ujar Tigor kebingungan.

"Itu penting bagi kami dan klub, soalnya untuk pemilihan pemain. Jadi, nanti ketahuan siapa saja pemain yang akan dilepas," tambahnya.

Kendati demikian, Tigor enggan menyebut adanya kesalahpahaman antara PT LIB dan PSSI terkait jadwal timnas dan kompetisi.
Penjelasan PSSI dalam seminar PT LIB sangat dibutuhkan klub untuk mengetahui kriteria pemain yang dipanggil Timnas Indonesia.Penjelasan PSSI dalam seminar PT LIB sangat dibutuhkan klub untuk mengetahui kriteria pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sejauh ini disebut Tigor, PT LIB hanya mengetahui program dan jadwal Timnas Indonesia sampai Asian Games 2018. Namun, jadwal lanjutan sampai ke Piala AFF yang bakal digelar November 2018 belum jelas.

"Kami dapatkan program dari PSSI soal timnas sampai Asian Games. Belum ketahuan pemusatan latihan timnas soal Piala AFF. Makanya, satu dua bulan ini [akan] ketahuan pemain yang akan dilepas ke AFF nanti," jelas Tigor.

Di lain sisi, kontrak Luis Milla bersama Timnas Indonesia hanya sampai di Asian Games 2018. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu ditargetkan membawa Timnas Indonesia meraih peringkat empat besar di multievent empat tahunan itu.

Sampai dengan saat ini, belum ada kepastian kontrak Luis Milla bakal diperpanjang sampai Piala AFF. Sebab itu, program yang diberikan untuk Piala AFF masih belum jelas. (sry)