Tak Punya Kandang, Persija Mengadu ke Menpora

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 22:05 WIB
Tak Punya Kandang, Persija Mengadu ke Menpora Jelang Liga 1 bergulir, Persija Jakarta masih kesulitan mencari markas. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama Persija, Gede Widiade, memenuhi panggilan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi, di Kemenpora pada Rabu (7/3) siang. Salah satu isu yang dibahas adalah kesulitan Persija mencari markas untuk partai kandang.

Gede mengaku pertemuan dengan Menpora berlangsung hangat dan membiacarakan hal yang biasa seputar sepak bola. Salah satu topik yang dibahas adalah mengenai stadion untuk Persija yang sebentar lagi akan berkompetisi di Liga 1.

"Jadi tadi pembicaraan kami itu mengenai kesulitan Persija dalam menghadapi Liga 1 dan AFC. Kan tidak mungkin kami mengharapkan terus-menerus di Stadion Utama GBK [Gelora Bung Karno], karena GBK juga punya kewajiban untuk menyelenggarakan event-event di luar kami. Jadi tadi kami sampaikan mengenai permasalahan tersebut, untuk disampaikan Pak Menteri ke Pak Wapres [Jusuf Kalla] nanti," kata Gede kepada para awak media usai pertemuan tersebut.


Gede menegaskan pertemuan tersebut tidak ada hubungannya dengan kerusakan di Stadion Utama GBK beberapa waktu lalu oleh pendukung Persija. Gede mengklaim Menpora berpendapat Jakmania sudah sangat dewasa dan tertib.

"Beliau coba mendengar permintaan kami. Permintaan kami adalah meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan klub-klub -- bukan hanya Persija, untuk mempergunakan lapangan yang memang dapat dipergunakan semestinya," ucap Gede.

"Karena tadi kami sampaikan, kalau sampai Persija main di luar kota, itu resikonya besar sekali. Bukan hanya biaya, tapi keamanan dan nyawa suporter. Nah, ini yang sangat penting," ucapnya melanjutkan.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mulyana, yang turut hadir dalam pertemuan itu memahami keinginan Persija yang tidak punya stadion kandang untuk Liga 1. Kemenpora berharap tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut bisa memakai Stadion Pakansari dan Stadion Patriot Candrabhaga sebelum Asian Games 2018 dimulai.

"Jadi stadion tersebut bisa dipakai, poinnya kami mendukung ke sana. Misalnya renovasi Pakansari selesai pada April, maka Persija boleh masuk," ujar Mulyana.

"Alternatifnya Pakansari, Patriot, atau Solo. GBK tidak mungkin dipakai antara Mei sampai Juni karena sudah jelang Asian Games 2018," katanya menambahkan. (ptr)