Habiskan Rp5,9 Triliun, MU Tersingkir di Liga Champions

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 15:42 WIB
Habiskan Rp5,9 Triliun, MU Tersingkir di Liga Champions Manchester United sudah menghabiskan setara Rp5,9 miliar, namun tersingkir di babak 16 besar Liga Champions musim ini. (REUTERS/David Klein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United belanja besar-besaran di bawah arahan Jose Mourinho sebagai manajer klub tersebut. Salah satu target pembelian deret pemain bintang itu untuk mendongkrak prestasi Setan Merah di Liga Champions musim ini.

Man United ditargetkan setidaknya bisa tembus semifinal Liga Champions. Dilansir dari Marca, total sekitar €350 juta atau setara Rp5,9 triliun dana yang sudah digelontorkan Setan Merah untuk membeli para pemain dalam dua musim.

Hasilnya, MU tak mampu memenuhi target minimal ke semifinal Liga Champions. Paul Pogba dan kawan-kawan tersingkir di babak 16 besar atau di awal fase gugur kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa itu.


Pogba menjadi pemain termahal yang dibeli MU yakni €105 juta (Rp1,7 triliun). Adapun pembelian tertinggi kedua adalah Romelu Lukaku dengan nilai transfer €85 juta (Rp1,4 triliun).

Peringkat ketiga pembelian terbesar MU yakni mendatangkan Nemanja Matic musim ini dari Chelsea sebesar €45 juta (Rp766 miliar). Berikutnya ada nama Henrikh Mkhitaryan yang dibeli dengan biaya transfer €42 juta (Rp715 miliar) musim lalu.

Paul Pogba (tengah) merupakan pemain termahal Manchester United, namun performanya menjadi salah satu yang terburuk lawan Sevilla. (Paul Pogba (tengah) merupakan pemain termahal Manchester United, namun performanya menjadi salah satu yang terburuk lawan Sevilla. (REUTERS/David Klein)
Mkhitaryan sendiri pindah ke Arsenal dengan cara tukar guling mendatangkan Alexis Sanchez ke Setan Merah pada tengah musim ini.

Belanja besar lainnya yang dilakikan Man United adalah pembelian Eric Bailly €38 juta (Rp646 miliar) dan Victor Lindelof €35 juta (Rp595 miliar).

Ironisnya, Pogba yang notabene pemain termahal Setan Merah justru menjadi salah satu pemain yang menampilkan performa terburuk saat menghadapi Sevilla.

Gelandang Timnas Perancis tersebut tampil dari bangku cadangan menggantikan Marouane Fellaini pada menit ke-60. Beberapa kesalahan seperti salah umpan kerap dilakukan Pogba pada laga melawan Sevilla.

Alhasil, Setan Merah kebobolan dua gol oleh Wissam Ben Yedder pada menit ke-74 dan 78. Juara Liga Europa musim lalu itu pun kalah 1-2 dari Los Sevilistas dan tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions.

Kontras dengan Pogba, Sevilla mencetak gol berkat Ben Yedder yang tampil menggantikan Luis Muriel pada menit ke-72.

Padahal jika mengintip daftar di situs Transfermarkt, harga pasaran pemain asal Perancis itu ditaksir mencapai €25 juta (Rp425 miliar). Artinya, harga Ben Yedder bahkan kurang dari seperempat dibandingkan nilai Pogba. (jun)