Persija Menang Dramatis Atas Song Lam

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 20:30 WIB
Persija Menang Dramatis Atas Song Lam Persija menang tipis 1-0 atas Song Lam Nghe An. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta menang tipis 1-0 atas Song Lam Nghe An dalam lanjutan laga Grup H Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (14/3). Addison Alves menjadi pahlawan bagi Macan Kemayoran berkat golnya pada menit ke-93.

Di babak pertama, Persija vs Song Lam bermain imbang 0-0. Padahal tuan rumah menguasai permainan dan memiliki sejumlah peluang.  

Persija sebenarnya sempat unggul melalui Riko Simanjuntak pada menit ke-45+2. Sayang, gol tersebut dianulir lantaran Marko Simic lebih dahulu offside.


Berawal dari umpan silang Rezaldi dari sisi kiri, Rudi Widodo yang menerima bola mendang bola ke arah Simic yang dalam posisi offside dan mendapat kawalan dari pemain Song lam.

Bola liar itu pun jatuh di kaki Riko yang berdiri bebas untuk mencetak gol. Skor babak pertama Persija vs Song Lam pun berakhir imbang tanpa gol.
Song Lam Nghe An memberikan perlawanan kepada Persija pada awal babak kedua.Song Lam Nghe An memberikan perlawanan kepada Persija pada awal babak kedua. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Berbeda dengan babak pertama, Song Lam justru mengambil inisiatif serangan pada awal-awal babak kedua.

Saat pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit, Song Lam sudah mendapat tendangan bebas dua kali.

Satu menit berikutnya, tim tamu mengancam melalui tendangan kaki kanan Le The Cuong yang bisa diblok lini pertahanan Persija.
Marko Simic memiliki beberapa peluang, tapi gagal membobol gawang Song Lam.Marko Simic memiliki beberapa peluang, tapi gagal membobol gawang Song Lam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pada menit ke-49, Song Lam kembali mencoba peruntungannya untuk bisa unggul lebih dahulu melalui Tran Dinh Hoang. Namun tendangan Dinh Hoang melebar.

Hingga 10 menit babak kedua, Song Lam sudah melepaskan tiga tendangan ke gawang Persija. Sementara tuan rumah tanpa ancaman ke gawang tim tamu.

Addison Alves yang menggantikan Rohit Chand di babak kedua sempat membuat Persija unggul menit ke-66. Namun, seperti gol Riko Simanjuntak di babak pertama, upaya Addison juga dianulir wasit karena lebih dahulu terperangkap offside.

Selebihnya Persija kerap menebar bahaya ke gawang Song Lam. Salah satunya melalui sundulan Marko Simic menit ke-69. Memanfaatkan umpan silang Rezaldi, Simic menyunduk bola ke tiang jauh. Saat itu kiper Le Quang Dai sudah di luar posisinya. Beruntung, bek Ho Phuc Tinh masih bisa menghalau bola.

Simic kembali nyaris memecah kebuntuan Persija di menit ke-72. Umpan terukur Addison Alves disambut tandukan Simic, hanya saja bola masih melenceng di sisi kiri gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu publik tuan rumah akhirnya hadir pada menit injury time. Berawal dari umpan lambung Rezaldi Hehanusa dari sisi kiri, disambut Addison Alves dengan tendangan voli menit ke-93. Persija mengakhiri pertandingan dengan skor 1-0.

Kendati demikian kemenangan ini tidak mengubah posisi Persija di klasemen sementara Grup H yang berada di peringkat ketiga dengan tujuh poin. Baik Persija, Song Lam, dan Johor Darul Ta'zim sama-sama memiliki nilai tuju. Namun, Persija berada di posisi ketiga karena kalah selisih gol dari kedua tim tersebut sesuai regulasi Piala AFC 2018.

Persija masih menyisakan dua laga di Grup H. Pada pertandingan berikutnya, Persija akan menjamu Johor Darul Ta'zim pada 10 April nanti. Di laga terakhir, Persija akan bertandang ke markas Tampines Rovers, 24 April 2018.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa; Sandi Darman Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Rudi Widodo.

Song Lam Nghe An (4-3-3): Le Quang Dai; Nhat, Hoang Van Khanh, Tran Dinh, Vo Ngoc Duc; Le Manh Dung, Ngo Kuan Toan, Le The Cuong; Ho Tuan Tai, Phuc Tinh, Nguyen Viet.
(jun)