Pelatih Song Lam: Jakmania Beri Kekuatan Besar untuk Persija

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 22:10 WIB
Pelatih Song Lam: Jakmania Beri Kekuatan Besar untuk Persija Pelatih Song Lam mengakui dukungan Jakmania punya kontribusi di balik kemenangan Persija. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Song Lam Nghe An Nguyen Duc Thang mengakui bahwa suporter Persija Jakarta, Jakmania memberikan kekuatan tambahan untuk 'Macan Kemayoran' di laga yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Persija tersebut.

Suporter yang berjumlah lebih dari 46 ribu di Stadion Utama Gelora Bung Karno ikut menemani perjuangan Ismed Sofyan dan kawan-kawan. Jakmania terus bernyanyi dan memberikan semangat sampai akhirnya Addison Alves mampu mencetak gol kemenangan di masa injury time.

"Pertandingan hari ini sangat bagus, semua pemain dalam tim berkontribusi dengan baik. Pemain kami dalam tekanan karena suporter Persija begitu luar biasa," tutur Duc Thang seusai pertandingan.


"Sebelumnya saya selalu mengatakan pada para pemain untuk bermain dengan sepenuh hati. Sepak bola adalah duel 11 lawan 11 dan jangan pedulikan tekanan dari luar lapangan. Itu sebenarnya yang jadi siasat saya menghadapi pertandingan tadi," katanya menambahkan.

Persija Jakarta kesulitan menembus rapatnya lini pertahanan Song Lam.Persija Jakarta kesulitan menembus rapatnya lini pertahanan Song Lam. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dari segi teknis permainan, Duc Thang menyebut tak ada perbedaan signifikan dibandingkan pertemuan pertama yang di Vietnam yang berakhir 0-0.

"Dalam dua pertandingan yang ada tidak ada perbedaan yang mencolok. Namun memang di laga ini saya mencoba memainkan serangan balik dan Persija tidak bisa memaksimalkan dua sayap mereka," ujar Duc Thang.

Pada laga tersebut, lini pertahanan Song Lam bermain disiplin dan terus menghalau tiap umpan silang dari kedua sisi yang ditujukan ke muka gawang untuk Marko Simic, Bambang Pamungkas, hingga Addison Alves. Song Lam bahkan beberapa kali mengancam gawang Persija lewat skema serangan balik yang cepat.

Kegigihan Persija untuk terus menekan akhirnya membuahkan hasil di masa injury time. Umpan Rezaldi Hehanusa berhasil diterima oleh Alves yang melepaskan tembakan voli silang ke pojok kanan gawang. (ptr)