Teco: Song Lam Datang Bukan untuk Main Bola

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 22:51 WIB
Teco: Song Lam Datang Bukan untuk Main Bola Addison Alves menjadi pahlawan kemenangan Persija atas Song Lam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persija Jakarta Stefano 'Teco' Cugurra memuji penampilan timnya usai mengalahkan Song Lam Nghe An 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (14/3).

Teco senang pemain Persija mematuhi instruksinya untuk konsentrasi menyerang sampai menit terakhir dan bertahan dengan organisasi yang bagus.

Kendati demikian, pelatih asal Brasil itu sangat menyayangkan cara bermain Song Lam. Klub asal Vietnam itu cenderung bermain bertahan guna mengincar satu poin di kandang lawan. Terlebih lagi, kiper Song Lam Le Quang Dai kerap mengulur waktu dengan terbaring di lapangan.


"Lawan datang bukan untuk bermain bola. Setiap ada tembakan, kiper [lawan] pegang bola dan pertandingan berhenti, dia tidak mau bangun," ujar Teco saat konferensi pers usai pertandingan.
Marko Simic gagal mencetak gol dalam pertandingan melawan Song Lam.Marko Simic gagal mencetak gol dalam pertandingan melawan Song Lam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Teco sendiri tidak mempersoalkan dua dari tiga gol Macan Kemayoran yang dianulir wasit. Sepanjang 45 menit, Persija sempat mencetak gol melalui Riko Simanjuntak dan dua gol tambahan dari Addison Alves. Namun, dua gol pertama dibatalkan karena lebih dulu offside.

"Kami bermain bagus, mencetak satu gol sudah cukup. Poin kami sama dengan mereka," Teco menuturkan.

Tidak hanya menyanjung kinerja timnya, pelatih 43 tahun itu juga memuji Addison yang menjadi pahlawan kemenangan timnya.
Kiper Song lam dianggap sering membuang-buang waktu.Kiper Song lam dianggap sering membuang-buang waktu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Masuknya Addison di babak kedua bukan karena dirinya ragu, melainkan bagian dari strategi demi meraih tiga poin di depan publik sendiri.

"Saya tahu kualitas Addison. Kami diskusi waktu latihan, kami tahu tim Vietnam bertahan, kami sering berbicara saat di babak kedua," ucap Teco.

"Addison punya tenaga, dan tim Vietnam sedikit kelelahan serta belum siap jaga dia. Dia membuat perubahan, dia main bagus, bisa cetak gol, dan kami menang. Kami dapat tiga poin dari dia, saya berterima kaih kepada Addison," ujar Teco menambahkan. (sry)