Gelar Juara Dunia MotoGP 2018, Marquez Takut Sebut Nama

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 16/03/2018 17:05 WIB
Gelar Juara Dunia MotoGP 2018, Marquez Takut Sebut Nama Enam pebalap menghadiri konferensi pers jelang MotoGP Qatar. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang seri pembuka MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3), enam pebalap saling memberikan prediksinya terkait persaingan perburuan gelar juara MotoGP 2018.

Enam pebalap hadir dalam konferensi pers jelang balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Kamis (15/3). Mereka adalah Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Maverick Vinales (Movistar Yamaha), Johann Zarco (Yamaha Tech 3), Andrea Dovizioso (Ducati), Marc Marquez (Repsol Honda), dan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar).

Rossi yang akan menjalani musim ke-23 di ajang Grand Prix menganggap MotoGP 2018 sebagai musim persaingan paling seimbang. The Doctor menganggap setidaknya ada sepuluh pebalap yang bisa meraih kemenangan musim ini.


"Musim ini adalah persaingan yang paling seimbang dalam MotoGP. Saya mengamati kecepatan di pramusim Qatar, semua pebalap yang duduk di [konferensi pers] ini, ditambah Dani Pedrosa, [Alex] Rins, [Cal] Crutchlow, dan [Danilo] Petrucci," ujar Rossi dikutip dari situs resmi MotoGP.

Enam pebalap melakukan konferensi pers MotoGP Qatar 2018.Enam pebalap melakukan konferensi pers MotoGP Qatar 2018. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
"Saya pikir delapan sampai sepuluh pebalap akan bersaing ketat di awal musim. Banyak pebalap yang punya kesempatan untuk memenangi balapan pertama," sambung Rossi.

Sementara itu juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, mengaku tidak bisa memprediksi siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP 2018.

"Mustahil untuk diprediksi. Musim lalu saya menyebut empat pebalap, dan tidak ada nama Dovizioso [runner-up MotoGP 2017]. Sulit diprediksi. Semua pebalap di sini berpeluang, jadi saya tidak mau menyebut nama. Saya hanya harus tampil percaya diri," ujar Marquez.

Dovizioso sendiri menganggap ada enam pebalap yang berpeluang menjadi juara dunia MotoGP 2018, meski tidak memungkiri Marquez sebagai kandidat utama.

Andrea Dovizioso (kanan) menganggap ada enam pebalap yang berpeluang menjadi juara dunia MotoGP 2018.Andrea Dovizioso (kanan) menganggap ada enam pebalap yang berpeluang menjadi juara dunia MotoGP 2018. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
"Realistisnya mungkin ada lima atau enam pebalap yang bisa menjadi juara dunia, seperti yang terjadi di pertengahan musim lalu. Semuanya bisa terjadi. Marquez memang juara dunia dalam dua musim terakhir, tapi saya pikir persaingan tetap terbuka," ujar Dovizioso.

Sementara Zarco tanpa ragu menyebut nama Marquez sebagai kandidat juara dunia MotoGP 2018. Pebalap asal Perancis itu menganggap Marquez sebagai yang paling konsisten.

"Akan ada banyak pebalap yang bersaing, tetapi Marquez yang paling berpeluang. Jadi, target saya adalah untuk mengalahkan dia, karena dia yang paling konsisten pada saat ini," ujar Zarco.

Rekan setim Rossi di Movistar Yamaha, Maverick Vinales, tidak menyebut nama dalam persaingan MotoGP 2018. "Sulit diprediksi. Saya pikir semua yang duduk di sini, dan dua atau tiga lagi punya peluang. Musim ini semakin dekat dan Anda harus siap!"

MotoGP 2018 akan dibuka di MotoGP Qatar, 16-18 Maret 2018. (cup/har)