Barcelona Kalahkan Bilbao 2-0 di Camp Nou

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 00:19 WIB
Barcelona Kalahkan Bilbao 2-0 di Camp Nou Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 2-0 di Stadion Camp Nou. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona mengalahkan Atheltic Bilbao 2-0 di Camp Nou dalam lanjutan pertandingan La Liga Minggu (18/3). Paco Alcacer dan Lionel Messi masing-masing mencetak gol untuk Barca di babak pertama.

Barcelona membuat tiga perubahan dalam starter dibanding saat melawan Chelsea di Liga Champions. Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Luis Suarez tidak tampil sejak menit awal.

Meski memainkan Paulinho, Paco Alcacer, dan Philippe Coutinho, Barca tetap dengan kekuatan terbaik pada pekan ke-28 ini.


Barca yang saat ini unggul delapan poin atas Atletico Madrid di tangga klasemen La Liga tidak ingin kembali tersandung. Kemenangan menjadi hal yang penting untuk setiap pertandingan Blaugrana pada musim ini.

Karena alasan itu juga Paco Alcacer langsung membuat Barcelona unggul pada menit kedelapan, memanfaatkan assist Jordi Alba. Gol tersebut merupakan hasil dari serangan balik setelah kiper Marc-Andre Ter Stegen mematahkan usaha Bilbao mencetak gol.
Paco Alcacer membuka keunggulan untuk Barcelona saat laga berjalan delapan menit.Paco Alcacer membuka keunggulan untuk Barcelona saat laga berjalan delapan menit. (REUTERS/Albert Gea)
Seperti tidak ingin memberikan lawan ruang gerak yang banyak, Barca mendominasi permainan dan mengurung Bilbao. Lionel Messi dan Coutinho bergantian membombardir pertahanan Bilbaol. Bahkan, sepakan Coutinho menit ke-15 membentur mistar.

Di babak pertama, Ousmane Dembele tampak leluasa menembus tembok pertahanan Bilbao dari sisi kanan. Meskipun, upayanya membuat peluang kerap digagalkan lini belakang Bilbao saat berada di kotak penalti.

Pada menit ke-30, Lionel Messi membuat Barcelona menjauh dengan keunggulan 2-0. Gol yang dicetak Messi hasil umpan Ousmane Dembele.
Ousmane Dembele menjadi salah satu kreator serangan Barcelona.Ousmane Dembele menjadi salah satu kreator serangan Barcelona. (REUTERS/Albert Gea)
Lionel Messi kembali mencoba peruntungannya untuk kali kedua merobek gawang Kepa Arrizabalaga. Namun tendangannya pada menti ke-42 berhasil di blok lawan.

Menjelang babak pertama berakhir, upaya Paulinho mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Dembele membentur tiang gawang menit ke-44. Barcelona menutup laga babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Di awal babak kedua, Bilbao langsung menyerang Barcelona untuk bisa memperkecil kedudukan. Hanya saja, usaha Inigo Lekue masih gagal.
Lionel Messi mencetak satu gol ke gawang Bilbao dalam pertandingan Minggu (18/3).Lionel Messi mencetak satu gol ke gawang Bilbao dalam pertandingan Minggu (18/3). (REUTERS/Albert Gea)
Sampai menit ke-55, tim asuhan Ernesto Valverde itu unggul dalam penguasaan bola yang mencapai 59 persen, sementara Bilbao 41 persen.

Inaki Williams sempat memberikan ancaman ke lini pertahanan Barca. Namun, Samuel Umtiti masih cukup solid di depan Ter Stegen dengan menyapu bersih peluang Williams.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim. Barcelona meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Tambahan tiga poin tersebut membuat Barcelona tetap kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan 73 poin. Kemenangan atas Bilbao merupakan yang ke-23 musim ini atau yang ke-11 di kandang.

Susunan Pemain

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Ousmane Dembele, Paulinho, Ivan Rakitic, Philippe Coutinho; Lionel Messi, Francisco Alcacer.

Athletic Bilbao: Kepa Arrizabalaga; Oscar de marcos, Unai Nunez, Inigo Martinez, Enric Saborit; Benat Etxebarria, Mikel San Jose, Markel Susaeta, Raul Garcia, Inigo Lekue; Sabin Merino.
(sry)