Kevin/Marcus Patahkan Kutukan Juara Bertahan All England

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 06:55 WIB
Kevin/Marcus Patahkan Kutukan Juara Bertahan All England Kevin/Marcus sukses mematahkan kutukan juara bertahan di All England. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon berhasil mematahkan kutukan juara bertahan All England di nomor ganda putra yang sudah bertahan selama dua dekade usai mereka sukses mempertahankan gelar All England tahun ini.

Sejak Ricky Subagdja/Rexy Mainaky meraih dua gelar All England secara beruntun pada 1995 dan 1996, belum ada lagi ganda putra yang mampu meraih dua gelar All England dalam dua tahun beruntun. Alias tak ada juara bertahan yang mampu mempertahankan gelar di edisi berikutnya.

Dalam perjalanan mematahkan kutukan tersebut, Kevin/Marcus menampilkan performa apik sepanjang turnamen All England. Setelah mengalahkan Angga Pratama/Rian Agung 21-16, 21-19 di babak pertama, Kevin/Marcus mendapat perlawanan sengit dari ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Kevin/Marcus dipaksa bermain rubber game sebelum akhirnya menang 21-17, 20-22, 21-13.


Masuk ke babak perempat final, performa Kevin/Marcus jauh lebih baik dibandingkan saat tampil di babak sebelumnya. Kevin/Marcus hanya butuh 30 menit untuk menaklukkan Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin, 21-15, 21-13.

Kevin/Marcus juara All England 2018 setelah mengalahkan Boe/Mogensen di final.Kevin/Marcus juara All England 2018 setelah mengalahkan Boe/Mogensen di final. (AFP PHOTO / GOH Chai Hin)
Performa apik itu diulangi oleh Kevin/Marcus ketika berduel lawan Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding di babak semifinal. Setelah menang mudah 21-11 di gim pertama, Kevin/Marcus sukses tampil lebih bagus di momen krusial dan menutup gim kedua dengan skor 21-19.

Perjuangan mematahkan kutukan juara bertahan All England mencapai klimaksnya di babak final ketika mereka harus berjumpa Mathias Boe/Carsten Mogensen. Boe/Mogensen adalah ganda yang mampu memberikan perlawanan sengit pada Kevin/Marcus di sepanjang 2017.
Kevin/Marcus jadi pasangan ganda putra Indonesia setelah Ricky/Rexy yang bisa mempertahankan gelar All England.Kevin/Marcus jadi pasangan ganda putra Indonesia setelah Ricky/Rexy yang bisa mempertahankan gelar All England. (Dok. Humas PBSI)
Duel Kevin/Marcus lawan Boe/Mogensen berlangsung sengit dan dipenuhi adu reli. Setelah melakukan pertarungan yang ketat selama 42 menit, Kevin/Marcus menang 21-18, 21-17.

"Rahasianya, kami ingin lakukan yang terbaik di semua pertandingan," ujar Marcus usai pertandingan.

"Terima kasih banyak buat suporter Indonesia yang sudah datang jauh-jauh (ke stadion ini)," Marcus menambahkan.

Bagi Kevin, menjuarai All England memiliki rasa tersendiri. Dia juga terpukau dengan banyaknya suporter Indonesia yang datang ke Arena Birmingham.

"Pastinya pertandingan yang sangat spesial bagi saya, karena ini kejuaraan tertua. Saya senang bermain di sini, karena banyak juga suporter Indonesia," ucap Kevin. (sry/jun)