Hafizh Syahrin Mengaku Grogi Jalani Debut di MotoGP Qatar

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 13:10 WIB
Hafizh Syahrin Mengaku Grogi Jalani Debut di MotoGP Qatar Hafizh Syahrin menempati peringkat ke-14 pada balapan MotoGP Qatar 2018. (AFP PHOTO / JORGE GUERRERO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap MotoGP asal Malaysia Hafizh Syahrin memulai debutnya dengan baik di MotoGP Qatar 2018, Minggu (18/3) malam. Ia finis ke-14 dari 24 pebalap pada balapan yang dimenangkan Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

Memulai balapan dari urutan ke-15, pebalap Monster Yamaha Tech3 itu sempat merosot ke posisi 17 di awal balapan. Hingga akhirnya bisa kembali masuk dalam zona 15 besar atau batas pebalap meraih poin dalam sebuah seri.

Meskipun tertinggal 20,299 detik dari Dovizioso, Hafizh tetap berhak atas dua poin yang menurutnya merupakan hasil luar biasa dalam seri perdana MotoGP 2018.


"Saya bersyukur bisa menyelesaikan balapan di urutan ke-14. Saya berjanji tim akan bekerja lebih keras dan melakukan yang terbaik ke depannya," kata Hafizh dikutip New Straits Times, Senin (19/3).

"Saya berharap bisa menjadi pebalap yang lebih konsisten ke depannya. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas dukungan yang mereka berikan kepada saya," imbuhnya.

Hafizh Syahrin menunggangi motor balap MotoGP setelah tujuh tahun berlaga di Moto2.Hafizh Syahrin menunggangi motor balap MotoGP setelah tujuh tahun berlaga di Moto2. (AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA)
Hafizh mengaku capaian di Sirkuit Losail tidak semulus dengan perjuangannya berada di atas motor YZR-M1. Pebalap yang sudah tujuh musim berlaga di kelas Moto2 mengaku grogi di balap perdana kelas primer.

"Sekitar tujuh putaran terakhir saya mengubah kekuatan motor dan empat putaran kemudian saya kembali mengubahnya. Ini merupakan bagian dari cara saya mempelajari sistem elektronik."

"Saya cukup gugup pada saat balapan, saya tidak ingin membuat kesalahan dan berakhir di gravel [gagal finis]," ujar Hafizh seperti dikutip dari mcnews.com.au.

Hafizh Syahrin menjadi pebalap Asia Tenggara yang tampil di pentas MotoGP.Hafizh Syahrin menjadi pebalap Asia Tenggara yang tampil di pentas MotoGP. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Tim Monster Yamaha Tech 3 merekrut Hafizh menggantikan Jonas Folger yang sakit dan mengundurkan diri dari balap MotoGP 2018.

Hafizh menjadi salah satu dari dua pebalap pendatang baru yang berhasil meraih poin di seri perdana MotoGP 2018. Selain Hafizh, rookie lainnya yang membawa pulang poin dari Qatar adalah Franco Morbidelli yang finis di peringkat ke-12.

Sementara tiga pebalap anyar lainnya, Thomas Luthi, Takaaki Nakagami, dan Xavier Simeon gagal mendapat poin kendati mampu menyelesaikan lomba.

Selanjutnya, para pebalap akan kembali mengaspal pada GP Argentina di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, 8 April mendatang. (nva/bac)




BACA JUGA