Lionel Messi Bisa Pensiun Usai Piala Dunia 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 22:43 WIB
Lionel Messi Bisa Pensiun Usai Piala Dunia 2018 Masa depan Lionel Messi di timnas Argentina tergantung hasil di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Henry Romero)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lionel Messi tidak membantah Piala Dunia 2018 di Rusia bisa menentukan masa depannya bersama timnas Argentina. Hanya saja, Messi tidak mengungkapkan apakah menjadi juara atau kembali gagal yang membuatnya pensiun atau terus berkostum Tim Tango.

Sejak dipanggil timnas Argentina pada 2005, pemain berjuluk La Pulga itu sudah tiga kali bermain di Piala Dunia (2006, 2010, dan 2014).

Namun, tidak ada gelar juara Piala Dunia yang diraih Messi. Pencapaian terbaiknya bersama timnas Argentina di Piala Dunia hanya runner up 2014 saat kalah 0-1 dari Jerman.


Karena itu, banyak yang berspekulasi, bahwa Piala Dunia 2018 akan menjadi turnamen terakhirnya jika kembali gagal juara.

"Ada perasaan bahwa sebagian besar skuat ini akan bermain bersama untuk terakhir kalinya," kata Messi dalam program televisi La Cornisa seperti dikutip dari Marca.
Messi tidak senang dengan banyaknya orang yang pesimistis timns Argentina tidak akan bisa menjuarai Piala Dunia.Messi tidak senang dengan banyaknya orang yang pesimistis timns Argentina tidak akan bisa menjuarai Piala Dunia. (AFP PHOTO / Juan MABROMATA)
"Sepertinya setelah mencapai tiga putaran final hal itu tidak membantu. Tentu saja, kami bergantung pada hasilnya," Messi menambahkan.

Messi tampaknya tidak terlalu senang dengan kritik dari banyak orang tentang prestasi timnas Argentina. Meskipun, sebagian fans lain tetap berharap bintang Barcelona itu bisa membawa Argentina juara di Piala Dunia 2018.

"Mereka tidak berpikir tentang kami yang semakin dekat menjadi juara. [Mereka berpikir] kami tidak memiliki peluang lagi," ucap Messi.
Lionel Messi sudah tiga kali tampil di Piala Dunia.Lionel Messi sudah bermain di tiga edisi Piala Dunia. (REUTERS/Henry Romero)
"Jika seperti itu, mereka akan meminta seluruh pemain dari tim ini untuk meninggalkan timnas," Messi menuturkan.

Tentang adanya harapan dirinya bisa membawa Argentina menjadi juara di Piala Dunia 2018, Messi mengaku terkesan.

"Itu mengejutkan saya, bahwa di belahan dunia manapun mereka menunggu Argentina menjadi juara dan yang diberikan kepada saya, ini sangat mengesankan," kata Messi.

Transmedia menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2018. Seluruh laga Piala Dunia 2018 nantinya bisa dinikmati melalui Trans TV, Trans 7, dan Transvision. (sry)