Agen Pajak Spanyol Tolak 'Uang Damai' Dari Cristiano Ronaldo

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 03:57 WIB
Agen Pajak Spanyol Tolak 'Uang Damai' Dari Cristiano Ronaldo Cristiano Ronaldo disebut-sebut memberikan uang kepada agen pajak agar tidak mendapat hukuman. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agen Pajak Spanyol (AEAT) menolak berdamai dengan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo mengenai dugaan penggelapan pajak. Menurut laporan Marca dan AS, Cristiano Ronaldo memberikan uang damai sebesar €3,8 juta (Rp64,7 miliar) kepada agen tersebut agar terhindar dari hukuman pidana.

Pada Juni 2017, Cristiano Ronaldo dituduh melakukan penggelapan pajak negara dari pendapatan hak cipta. Pemain asal Portugal itu dianggap menghindari pembayaran pajak dari 2011 hingga 2014 sebesar €14,8 juta (Rp252 miliar).

Menurut AS, mantan pemain Manchester United tersebut mengakui kesalahannya. Namun, ancaman hukuman penjara tetap menanti pemain 33 tahun itu.


Hanya saja, untuk menghindari hukuman itu, Cristiano Ronaldo diberitakan siap menjalin kesepakatan dengan agen pajak Spanyol. Belakangan AEAT menolak penawaran Cristiano Ronaldo itu.
Cristiano Ronaldo terancam hukuman penjara karena kasus penggelapan pajak.Cristiano Ronaldo terancam hukuman penjara karena kasus penggelapan pajak. (AFP PHOTO / PATRICIA DE MELO MOREIRA)
Sejumlah dana yang kabarnya berjumlah 3,8 juta sudah diletakkan di atas meja, seperti menganggap sepele kasus ini. Namun, AEAT tidak bisa menerima perlakuan itu.
Cristiano Ronaldo juga menegaskan dirinya selalu membayar apa yang harus dibayarkan.Cristiano Ronaldo juga menegaskan dirinya selalu membayar apa yang harus dibayarkan. (REUTERS/Javier Barbancho)
Pada Juli tahun lalu, pemain berjuluk CR7 itu muncul di pengadilan Madrid atas tuduhan penggelapan pajak.

Namun, pada saat itu Cristiano Ronaldo membantah tidak membayar pajak di Spanyol.

"Saya selalu membayar apa yang harus saya bayar. Saya melakukan banyak hal dengan cara yang benar, dan saya akan terus melakukannya," ujar Cristiano Ronaldo. (sry)