Indonesia Pimpin Perolehan Gelar BWF World Tour 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 19:12 WIB
Indonesia Pimpin Perolehan Gelar BWF World Tour 2018 Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah meraih tiga gelar di tahun 2018. (dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi juara di All England 2018 menambah perbendaharaan gelar Indonesia pada ajang BWF World Tour 2018.

Secara total para pebulutangkis Indonesia sudah mengumpulkan tujuh gelar dari kejuaraan bulutangkis yang mulai tahun ini sudah tidak lagi menggunakan istilah Super Series, Super Series Premier, Grand Prix dan Grand Prix Gold.

Kevin/Marcus sudah menyumbang tiga gelar yang didapat dari All England, India Terbuka, dan Indonesia Masters.


Sedangkan empat gelar lain dipersembahkan Tommy Sugiarto, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Anthony Sinisuka Ginting meraih gelar perdana di tahun ini ketika menjuarai Indonesia Masters.Anthony Sinisuka Ginting meraih gelar perdana di tahun ini ketika menjuarai Indonesia Masters. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Dengan koleksi tujuh gelar, Indonesia kini memimpin perolehan gelar BWF World Tour 2018. Negara lain yang juga mengoleksi tujuh gelar juara adalah Jepang.

China untuk sementara baru memiliki tiga gelar. Selain berada di bawah Indonesia dan Jepang, capaian Negara Tirai Bambu itu juga tertinggal dari Denmark yang mengumpulkan lima gelar dan Thailand yang memiliki empat gelar.

Agenda BWF World Tour 2018 selanjutnya adalah Orleans Masters yang akan berlangsung di Perancis pada 27 Maret hingga 1 April dan memiliki kategori level Super 100.

Jumlah gelar yang diraih Indonesia pada tahun ini sudah sepertiga dari total gelar tahun lalu.

Pada 2017, Indonesia meraih 12 gelar dari ajang Super Series dan menjadi yang terbanyak kedua setelah China. Sedangkan sembilan gelar lainnya berasal dari turnamen level Grand Prix/Grand Prix Gold.

Jumlah gelar BWF World Tour 2018:
1. Indonesia (7 gelar)
    Jepang (7)
3. Denmark (5)
4. Thailand (4)
5. China (3)
   Taiwan (3)

Pebulutangkis Indonesia peraih gelar BWF World Tour 2018:
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia Masters, India Terbuka, All England)
Tommy Sugiarto (Thailand Masters)
Fajar Alfian/M Rian Ardianto (Malaysia Masters)
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia Masters)
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (India Terbuka) (ptr)


BACA JUGA