Ernesto Valverde Bisa Lewati Rekor Jose Mourinho di La Liga

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 22/03/2018 06:54 WIB
Ernesto Valverde Bisa Lewati Rekor Jose Mourinho di La Liga Barcelona bisa mengunci gelar juara La Liga saat menghadapi Madrid di El Clasico. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona kini hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa menjadi juara La Liga 2017/2018 sesungguhnya. Pelatih Barca Ernesto Valverde pun bisa melewati rekor poin milik Jose Mourinho saat melatih Real Madrid.

Keunggulan 11 poin atas Atletico Madrid sebagai pesaing terdekat dengan menyisakan sembilan pertandingan membuat Barcelona di atas angin dan diunggulkan.

Di atas kertas, Blaugrana sebenarnya masih bisa terpeleset. Hanya saja, melihat performa apik Barca di La Liga musim ini, agak sulit memprediksi juara bertahan Copa del Rey itu gagal mengangkat trofi liga musim ini.


Selain di ambang juara, pelatih Valverde juga bisa melewati rekor poin Mourinho saat melatih Madrid. Dengan catatan, jika timnya bisa mempertahankan tren kemenangan di La Liga hingga sembilan laga tersisa. Apabila itu terpenuhi, maka Barcelona akan memiliki total poin 102.

Jumlah itu cukup untuk mematahkan rekor Mourinho ketika menangani Madrid pada musim 2011/2012 dengan 100 poin. Angka yang sama juga dimiliki pelatih Barca sebelumnya mendiang Tito Vilanova musim 2012/2013.
Ernesto Valverde bisa melewati torehan poin Jose Mourinho saat menangani Madrid.Ernesto Valverde bisa melewati torehan 100 poin Jose Mourinho saat menangani Madrid. (REUTERS/Carlos Barria)
Rumor tentang Barcelona bisa mengunci gelar juara saat laga EL Clasico melawan Madrid mulai mencuat pekan ini. Namun sebenarnya, bisa lebih cepat satu pertandingan untuk Barca juara.

Seperti dikutip dari AS, dengan unggul 11 poin atas Atletico, Barcelona hanya butuh enam kemenangan lagi untuk memastikan diri sebagai kampiun. Dengan demikian, hal itu bisa terjadi ketika menghadapi Deportivo La Coruna di Stadion Riazor, 29 April.

Jika enam kemenangan sukses diraih, termasuk di kandang Deportivo, Lionel Messi dan kawan-kawan bakal resmi menjadi juara La Liga. Selanjutnya, Barcelona tinggal menunggu guard of honour atau pemberian penghormatan dari Madrid sebagai pertandingan berikutnya setelah melawan Deportivo.
Pada musim 2011/2012 bersama Real Madrid, Jose Mourinho meraih 32 kemenangan, 4 kali imbang, dan 2 kali kalah.Pada musim 2011/2012 bersama Real Madrid, Jose Mourinho meraih 32 kemenangan, 4 kali imbang, dan 2 kali kalah. (REUTERS/Andrew Yates)
Namun, jika Barcelona kehilangan setidaknya dua poin sebelum EL Clasico, maka penentuan menjadi juara akan terjadi saat lawan Madrid di Camp Nou nanti.

Barcelona juga hanya butuh dua petandingan lagi untuk menyamai rekor Real Sociedad yang tak terkalahkan dalam 38 laga pada 1978 dan 1980. Selain tidak terkalahkan dalam 29 pertandingan musim ini (23 menang dan 6 imbang), Barca juga memiliki catatan meraih tujuh kemenangan pada akhir musim lalu.
(sry/sry)