Timnas Indonesia Piawai Lakukan Tembakan Jarak Jauh

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 22/03/2018 09:15 WIB
Timnas Indonesia Piawai Lakukan Tembakan Jarak Jauh Luis Milla bisa mengharapkan tembakan jarak jauh dari para pemain di Timnas Indonesia. ( ANTARA FOTO/Wahyu Puro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan besar 3-0 atas Singapura di Stadion Nasional Singapura, Rabu (21/3). Di balik kemenangan tersebut, Timnas Indonesia menunjukkan bahwa mereka punya pemain-pemain yang bisa melakukan tembakan jarak jauh .

Timnas Indonesia punya kontrol pertandingan yang bagus namun mereka tak bisa menjebol pertahanan Singapura lewat peluang yang matang. Di balik kebuntuan itu, lini kedua Indonesia menghadirkan ancaman yang bisa jadi alternatif sebagai pemecah kebuntuan tim.

Gol pertama Timnas Indonesia di laga ini murni karena keputusan Febri Hariyadi. Gelandang Persib itu memutuskan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan tendangannya berhasil menggetarkan gawang Singapura.


Febri Hariyadi berhasil mencetak gol lewat tembakan jarak jauh di laga lawan Singapura.Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Febri Hariyadi berhasil mencetak gol lewat tembakan jarak jauh di laga lawan Singapura.
Proses gol kedua Timnas Indonesia juga berasal dari kejelian pemain tengah, Muhammad Hargianto. Hargianto memutuskan untuk melakukan tembakan jarak jauh di menit ke-51. Eksekusi Hargianto mendarat mulus di pojok kanan gawang Singapura. Banyaknya pemain yang bisa melepaskan tembakan jarak jauh bisa jadi solusi di tiap kebuntuan.

Dua gol dari tembakan jarak jauh ini bisa jadi modal berharga bagi perkembangan Timnas Indonesia menuju Asian Games. Skuat 'Merah-Putih' punya sejumlah pemain yang piawai melepaskan tembakan jarak jauh. Selain Febri dan Hargianto yang sudah menunjukkannya di laga ini, Timnas Indonesia punya penembak jarak jauh macam Saddil Ramdani, Evan Dimas, Septian David Maulana, hingga Rezaldi Hehanusa.

Evan Dimas juga merupakan salah satu pemain yang bisa melepaskan tembakan jarak jauh dengan baik.Evan Dimas juga merupakan salah satu pemain yang bisa melepaskan tembakan jarak jauh dengan baik. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Namun tentunya Timnas Indonesia tetap butuh skema permainan menyerang yang mampu merepotkan lawan. Timnas Indonesia butuh lebih banyak gol yang tercipta seperti yang ada di balik proses gol ketiga.

Saat itu Febri mampu menerobos masuk kotak penalti Singapura sebelum akhirnya memberikan umpan matang kepada Septian David Maulana yang dengan dingin meneruskan bola masuk ke dalam gawang. (ptr)