Penakluk Messi Naik Gunung Everest Sambil Juggling Bola

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 29/03/2018 19:02 WIB
Penakluk Messi Naik Gunung Everest Sambil Juggling Bola John Farnworth pesepakbola gaya bebas yang pernah menaklukkan Lionel Messi, naik Gunung Everest sembari juggling bola. (Screenshot via instagram (@john.farnworth))
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesepakbola gaya bebas (freestyler), John Farnworth, membuat sensasi dengan memanjat Gunung Everest sambil juggling bola di setiap langkahnya. Sensasi itu merupakan bagian dari aksi amal yang ia lakukan untuk komunitas alzheimer.

Aksi penakluk bintang Barcelona Lionel Messi dalam atraksi mengolah si kulit bundar tersebut terjadi pada 4 Maret 2018. Dilansir dari situs Farnworth, laki-laki 32 tahun tersebut berhasil mencapai base camp Everest yang berlokasi sekitar 5.400 meter di atas permukaan laut setelah melakukan perjalanan selama 10 hari.
[Gambas:Instagram]
Dengan menembus cuaca ekstrem dan suhu dingin yang menusuk tulang, ia berjalan dengan bolanya selama sembilan jam per hari.

"Saya tidak bisa melakukan ini tanpa dukungan Anda dan tim luar biasa di sekitar saya. Saya selalu yakin memiliki kemampuan untuk melakukannya," kata Farnworth dikutip dari The Telegraph.


"Saya sangat senang bisa berbuat sesuatu untuk komunitas Alzheimer yang mengingatkan saya kepada kakek. Kakek saya percaya bahwa saya bisa segalanya mungkin untuk dicapai," katanya menambahkan.
[Gambas:Instagram]
Sesuatu yang dilakukan Farnworth ini terdengar mustahil. Akan tetapi, dia sesungguhnya telah mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh hari.

Jauh sebelum mendaki Gunung Everest, Farnworth berkompetisi pada London Marathon 2011. Di sana, ia berhasil melakukan juggling sepanjang 42 kilometer.

"Rencana kami adalah efektif berjalan selama tujuh hari. Sementara tiga hari kami gunakan untuk istirahat penuh," katanya.

Selama enam bulan, pria asal Inggris tersebut mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari berlatih fisik, dan pergi ke Gunung Snowdon yang merupakan gunung tertinggi di negaranya. Hal itu diperlukan agar Farnworth dapat menyesuaikan diri dengan suhu ekstrem di pegunungan.

Pola makan Farnworth juga dijaga dengan baik. Ia bahkan sempat menjadi vegetarian demi meningkatkan daya tahan tubuh dan fisik.
[Gambas:Instagram]
Nama Farnworth sesungguhnya cukup terkenal di kalangan sepak bola dunia. Namanya sempat tercatat dalam Buku Rekor Dunia, usai mengalahkan bintang Barcelona Lionel Messi dalam hal mengontrol bola yang jatuh dari ketinggian.

Messi sempat memegang rekor mengontrol bola yang jatuh dari 18 meter. Rekor tersebut kemudian dikalahkan Farnworth yang sukses mengendalikan bola yang jatuh dari ketinggian 32 meter. Namun, rekor tersebut kemudian dipecahkan pemain Arsenal Theo Walcott dengan ketinggian 34 meter pada 2016. (bac/jun)