Menpora: Presiden Jokowi Ingin BUMN Aktif Dukung Para Atlet

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 03/04/2018 02:00 WIB
Menpora: Presiden Jokowi Ingin BUMN Aktif Dukung Para Atlet Menpora RI Imam Nahrawi mengatakan Presiden Jokowi ingin BUMN aktif mendukung atlet. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menginginkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berperan aktif dalam memfasilitasi atlet seluruh cabang olahraga. Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka siang tadi.

"Pak Presiden mengharapkan dunia usaha harus mengambil peran masing-masing. Tidak hanya dunia usaha tapi BUMN juga bapak asuh cabang olahraga Indonesia," ujar Imam di Kantor Presiden, Senin (2/4).

Permintaan itu, kata Imam, disampaikan Jokowi setelah bertemu ganda putra juara All England 2018 Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.


Jokowi menyadari bulutangkis menorehkan prestasi dan hal itu juga karena didukung penuh swasta, seperti Djarum yang menjadi tempat latihan dan klub asal Kevin.

BUMN diharapkan berperan menjadi bapak asuh dalam meningkatkan pembinaan dan fasilitas atlet demi kemajuan prestasi olahraga Indonesia di masa mendatang.

Menpora RI Imam Nahrawi saat mengunjungi sekolah atet Ragunan. (Menpora RI Imam Nahrawi saat mengunjungi sekolah atet  diRagunan. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Pendekatan lebih khusus dari pemerintah kepada dunia usaha maupun BUMN. Itu penekanan luar biasa dari Pak Presiden di depan kami," tuturnya.

Keinginan tersebut disampaikan juga karena dukungan BUMN terhadap atlet masih sedikit di Indonesia. Pembinaan dan penyiapan infrastruktur selama ini lebih banyak dilakukan sponsor swasta.

"Kalau semua bisa tertangani cabang olahraga terutama yang tidak populer maka banyak prestasi yang akan datang. Tidak hanya bertumpu pada bulutangkis, yang lain kita harapkan berprestasi seperti bulutangkis," kata Imam.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Kevin dan Marcus, Presiden Jokowi memberi selamat kepada pasangan berjuluk Minions itu karena bisa mempertahankan gelar juara All England. Kevin/Marcus juga diharapkan Presiden Jokowi bisa menyumbang medali emas dalam Asian Games 2018.

"Pak Presiden memberikan selamat dan berpesan terus mempertahankan prestasi," ucap Marcus.

Kevin/Marcus jadi ganda putra nomor satu dunia saat ini setelah tampil konsisten dalam setahun terakhir. Dalam sembilan turnamen terakhir yang diikuti oleh Kevin/Marcus, mereka selalu berhasil masuk ke babak final dengan catatan tujuh gelar juara. Kevin/Marcus sendiri selalu memenangi enam turnamen terakhir yang mereka mainkan. (bac)