Pique Kejar Rekor Gol Roberto Carlos di Liga Champions

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 05/04/2018 17:17 WIB
Pique Kejar Rekor Gol Roberto Carlos di Liga Champions Bek Barcelona Gerard Pique mengejar gol Roberto Carlos. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Barcelona Gerard Pique kini sedang mengejar rekor gol legenda Real Madrid, Roberto Carlos di Liga Champions usai membobol gawang AS Roma di leg pertama perempat final di Stadion Camp Nou, Kamis (5/4).

Dalam pertandingan itu Pique mencetak gol ketiga Barcelona pada menit ke-59 memanfaatkan bola liar tendangan Luis Suarez yang tidak ditepis dengan sempurna oleh kiper Roma Allison Becker.

Itu gol pertama Pique di Liga Champions sejak kali terakhir pada September 2016 setelah membobol gawang Borussia Moenchengladbach di fase grup.


Tambahan gol tersebut menempatkan Pique berada di peringkat ketiga dalam daftar pencetak gol oleh pemain belakang di Liga Champions, bersama bek Paris Saint-Germain, Dani Alves. Total bek 31 tahun itu dan Alves sudah mengemas 12 gol di level elite turnamen antarklub Eropa ini.

Gerard Pique baru mencetak satu gol di Liga Champions musim ini.Gerard Pique baru mencetak satu gol di Liga Champions musim ini. (REUTERS/Juan Medina)
Nama Pique berada di bawah Roberto Carlos yang mengoleksi 16 gol dan Ivan Helguera dengan 15 gol. Sementara di bawah Pique ada Christian Panucci dan bek Real Madrid Sergio Ramos yang masing-masing mencetak 11 gol.

Gerard Pique Mengejar Rekor Gol Roberto Carlos
Dari enam pemain yang dirilis UEFA itu hanya Pique dan Ramos yang masih memiliki kesempatan menambah jumlah gol di musim ini. Pasalnya, baik Barcelona dan Madrid sama-sama berpeluang lolos ke semifinal.

Roberto Carlos (atas) masih memegang rekor pencetak gol terbanyak oleh pemain bertahan di Liga Champions.Roberto Carlos (atas) masih memegang rekor pencetak gol terbanyak oleh pemain bertahan di Liga Champions. (AFP PHOTO / PATRICK KOVARIK)
Peluang Pique mencetak gol di leg kedua perempat final Liga Champions di kandang Roma juga tetap terbuka, sedangkan Ramos dipastikan absen di leg kedua nanti karena akumulasi kartu kuning.

Sementara Dani Alves tidak bisa menambah golnya di musim ini usai PSG disingkirkan Madrid di babak 16 besar, sedangkan tiga pemain lainnya, Carlos, Helguera, dan Panucci sudah pensiun.

Daftar ini dirangkum UEFA sejak di fase grup, dan hanya berlaku bagi pemain yang memiliki posisi utama sebagai pemain bertahan. (ptr/jun)