Usai Liga Champions, Lima Derby Panas Eropa Menanti

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Kamis, 05/04/2018 13:28 WIB
Usai Liga Champions, Lima Derby Panas Eropa Menanti Real Madrid dan Atletico Madrid akan bertemu pada jornada ke-31 yang berlangsung Minggu (8/4). (REUTERS/Paul Hanna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah partai leg pertama perempat final Liga Champions yang berlangsung tengah pekan ini, lima pertandingan derbi akan menyita perhatian pada akhir pekan mendatang.

Di kompetisi teratas sepak bola Inggris terdapat tiga laga yang melibatkan tim sekota.

Pertandingan antara Manchester City dan Manchester United di Stadion Etihad akan menjadi duel penentuan gelar juara. Jika The Citizens berhasil menang atas sang tetangga, maka Pep Guardiola dan anak asuhnya dipastikan menjadi kampiun di kompetisi lokal musim ini.


Kepastian menjadi penguasa liga lokal akan meningkatkan kepercayaan diri Manchester City yang akan menghadapi Liverpool di leg kedua perempat final Liga Champions tengah pekan mendatang.

Manchester City akan menjamu Manchester United di tengah dua laga perempat final Liga Champions menghadapi Liverpool.Manchester City akan menjamu Manchester United di tengah dua laga perempat final Liga Champions menghadapi Liverpool. (Reuters/Carl Recine)
Namun jika MU yang menang atau pertandingan berakhir imbang, maka Man City harus menunggu hingga pekan selanjutnya untuk memastikan gelar juara liga Inggris yang kelima.

Selain derby antara United dan City, terdapat pula derby Merseyside yang melibatkan Everton dan Liverpool.

Usai Liga Champions, Lima Derbi Panas Menanti
The Toffees menjadi pengganjal bagi The Reds yang akan kembali berjumpa Man City pada leg kedua perempat final Liga Champions. Liverpool butuh kemenangan untuk mempertahankan peringkat ketiga atau bahkan menggeser MU yang berada di peringkat kedua.

Everton yang menempati peringkat kesembilan dengan 40 poin masih butuh poin tambahan karena belum bebas dari ancaman zona degradasi.

Antonio Conte akan memimpin Chelsea menghadapi West Ham United di Stamford Bridge, Minggu (8/4).Antonio Conte akan memimpin Chelsea menghadapi West Ham United di Stamford Bridge, Minggu (8/4). (REUTERS/Peter Nicholls)
Di ibu kota, Chelsea akan menjamu West Ham United. Anak asuh Antonio Conte yang sedang limbung membutuhkan kemenangan untuk menjaga posisi di zona Eropa. Sedangkan West Ham akan datang ke Stamford Bridge dengan ambisi menambah poin demi mengamankan tempat di Liga Primer Inggris musim depan.

Di La Liga Spanyol, dua klub pengoleksi gelar juara asal ibu kota akan menjalani pertandingan di Stadion Santiago Bernabeu. Real Madrid yang sudah menempatkan satu kaki di semifinal Liga Champions akan menghadapi Atletico Madrid.

Rotasi tim bisa menjadi pilihan Zinedine Zidane dalam menjalani pertandingan di jornada ke-31, sementara Diego Simeone bisa menampilkan seluruh pemain terbaiknya demi menjaga jarak dengan Barcelona yang kini terpaut sembilan poin.

Sampdoria dan Genoa akan menjalani laga bertajuk derby della Lanterna. Stadion Luigi Ferraris menjadi lokasi perebutan tiga poin bagi Sampdoria yang masih berambisi masuk ke zona Eropa dan Genoa yang sedang bekerja keras bertahan di papan tengah Serie A Italia. (ptr)