Obor Asian Games Lewati 51 Lokasi di Indonesia

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Jumat, 06/04/2018 00:30 WIB
Obor Asian Games Lewati 51 Lokasi di Indonesia Indonesia berharap bisa meraih prestasi di Asian Games 2018. ( CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pawai obor Asian Games akan melewati 51 titik di seluruh Indonesia.

Puan menjelaskan obor Asian Games akan diterima oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di New Delhi, India, pada 15 Juli mendatang sebelum dibawa keliling Indonesia.

"Insya Allah titik pertama itu di Yogyakarta dan akan melewati 51 lokasi atau titik yang ada di seluruh Indonesia," kata Puan usai rapat persiapan Asian Games di Kantor Kemenko PMK, Kamis (5/4).


Puan menyebut pawai obor akan dilakukan di 51 titik tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan pariwisata di sejumlah daerah tersebut.

Nantinya, pawai obor Asian Games tersebut akan berakhir tepat pada hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus dan diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Terakhirnya akan diterma oleh bapak presiden pada tanggal 17 Agustus sebelum penurunan bendera pusaka," tutur Puan.

Puan Maharani menyebut obor Asian Games akan melewati 51 titik di Indonesia.Puan Maharani menyebut obor Asian Games akan melewati 51 titik di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Usai proses tersebut, obor Asian Games akan dibawa ke Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk acara pembukaan Asian Games pada tanggal 18 Agustus.

Puan menyampaikan 40 cabang olahraga yang akan berkompetisi dalam even Asian Games juga terus melakukan persiapan.

Obor Asian Games Lewati 51 Lokasi di Indonesia
Indonesia berusaha memaksimalkan status tuan rumah Asian Games untuk meraih sukses prestasi. Pada empat tahun lalu, Indonesia meraih 4 emas 5 perak dan 11 perunggu dan duduk di posisi ke-17.

Dengan banyaknya cabang-cabang andalan kali ini, Indonesia berharap bisa meraih lebih banyak emas di pesta olahraga Asia ini. Saat Indonesia pertama kali jadi tuan rumah Asian Games di 1962, Indonesia mengakhiri kompetisi dengan duduk di posisi kedua. (ptr/jun)