Sandiaga: 20 Persen Tiket Asian Games untuk Pelajar

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Sabtu, 07/04/2018 03:05 WIB
Sandiaga: 20 Persen Tiket Asian Games untuk Pelajar Kuota 20 persen dari tiket Asian Games bakal diberikan kepada pelajar. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan mengalokasikan 20 persen penyediaan tiket Asian Games 2018, 18 Agustus-2 September 2018, untuk pelajar.

Teknis alokasi tiket masih akan dibahas Dinas Pendidikan DKI bersama panita penyelanggara Asian Games, INASGOC.

"Kami sedang berkoordinasi karena ada 20 persen tiket yang dialokasikan untuk mendukung venue  support INASGOC. Nah, itu nanti akan diatur mekanisme dan detailnya oleh tim venue dan tim suporter dari INASGOC, bersama dengan dinas pendidikan," kata Sandi di Balai Kota, Jumat (6/4).


Sandi berharap, pemberian tiket gratis untuk pelajar itu mampu meningkatkan minat dan wawasan mereka soal olahraga. Pemprov DKI akan meliburkan pelajar SMP dan SMA/SMK selama Asian Games.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua INASGOC Erick Thohir pada rapat teknis bersama Pemprov DKI yang berlangsung pagi tadi.

"Kita akan fasilitasi pengerahan suporter, tetapi sesuai dengan persetujuan sebelumnya, kami hanya bisa mengalokasikan 20 persen dari tiket itu untuk dibagi secara gratis," kata Erick.

Sandiaga Uno menyebut 20 persen tiket Asian Games dialokasikan untuk pelajar.Sandiaga Uno menyebut 20 persen tiket Asian Games dialokasikan untuk pelajar. (Foto: CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Namun, pemberian tiket tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kriteria penerima tiket gratis itu masih akan dirumuskan.

"Mesti terkoordinir, tidak bisa dikasih bebas atau dikasih kerja sama tetapi malah membuat hal-hal yang tidak baik," ujarnya.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang. Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain akuatik, atletik, panahan, bulu tangkis, sepak bola, basket, dan boling. Sejumlah arena pertandingan sudah melalui proses renovasi mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno, arena equestrian Pulo Mas, dan Velodrom Rawamangun.

Sejumlah venue telah melalui proses renovasi untuk menghadapi Asian Games.Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Sejumlah venue telah melalui proses renovasi untuk menghadapi Asian Games.


Kemudian, arena cabang olahraga layar dan jet ski dibangun di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pembangunan venue olahraga untuk Asian Games 2018 perahu layar disetujui di Asahimas, Ancol Barat, sedangkan arena jet ski akan dibangun di Pantai Indah Ancol yang berlokasi di belakang Hotel Mercure. (ptr)