Timnas Uzbekistan Gantikan Malaysia di Anniversary Cup 2018

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 12/04/2018 17:39 WIB
Timnas Uzbekistan Gantikan Malaysia di Anniversary Cup 2018 Timnas Uzbekistan (biru) akan gantikan Malaysia di turnamen PSSI Anniversary Cup 2018. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Uzbekistan akan menggantikan timnas Malaysia di turnamen PSSI Anniversary Cup 2018 yang akan digelar mulai 27 April hingga 3 Mei.

Wakil Ketua Umum sekaligus Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan klub berjuluk Harimau Malaya itu postif absen di Anniversary Cup 2018 karenakan masalah sepak bola di negara tersebut.

PSSI pun tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan penggantinya. Timnas Senegal dan Uzbekistan siap mengisi kekosongan yang ditinggalkan Malaysia. Namun, PSSI lebih cenderung memilih Uzbekistan untuk disertakan di Anniversary Cup 2018.


"PSSI merespons ini dengan positif, bahwa kami tidak bisa tunggu lama untuk cari penggantinya. Per hari ini, PSSI mendapat respons positif dari Senegal dan Uzbekistan," ujar Joko Driyono kepada wartawan, Kamis (12/4). 

"Namun kecenderungan yang dianalisis teman-teman, Uzbekistan yang akan kami jadikan pengganti Malaysia. Sebagaimana diketahui ini menjadi event yang sangat ketat, Uzbekistan sendiri adalah juara Piala Asia U-23 terakhir yang kemarin bermain di China," Joko Driyono menambahkan.

Timnas Malaysia mundur dari Anniversary Cup 2018 karena masalah internal.Timnas Malaysia mundur dari Anniversary Cup 2018 karena masalah internal. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Selain Senegal dan Uzbekistan, PSSI juga memasukkan Thailand, Vietnam, Turkmenistan, hingga Tajikistan sebagai opsi pengganti Malaysia.

"Akan tetapi Thailand dan Vietnam memiliki program yang sudah terencana. Sehingga kami punya opsi negara-negara pecahan Rusia: Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan, dan seterusnya. Serta opsi negara-negara dari Afrika yang punya ranking bagus agar event ini berkualitas," ucap pria yang akrab disapa Jokdri.

Senegal atau Uzbekistan Bisa Gantikan Malaysia di Anniversary
Anniversary Cup 2018 digelar dalam rangka memperingati ulang tahun PSSI sekaligus test event Asian Games 2018. Joko menginginkan ajang ini menjadi uji coba semua elemen kesiapan di tubuh panitia pelaksana.

"Prinsipnya PSSI ingin test event ini memiliki dampak yang baik untuk semua elemen seperti penyelenggaraan, venue, dan Timnas Indonesia," pria yang akrab disapa Jodri itu menuturkan.

PSSI menyeleksi peserta Anniversary Cup 2018 agar Timnas Indonesia mendapatkan lawan berkualitas.PSSI menyeleksi peserta Anniversary Cup 2018 agar Timnas Indonesia mendapatkan lawan berkualitas. (Dok. PSSI)
Lebih lanjut, Joko Driyono menerangkan PSSI Anniversary Cup akan digelar di Stadion Pakansari Bogor sebagai uji coba venue untuk Asian Games 2018. Efisiensi menjadi alasan PSSI memilih Stadion Pakansari ketimbang Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Untuk tempat kami memutuskan berkonsentrasi di Pakansari. SUGBK bukan tempat yang dipakai sepak bola untuk Asian Games," ucap Joko.

"Dari empat tempat, yang siap adalah Pakansari. Ini pertimbangannya efisiensi," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, empat stadion yang menjadi opsi untuk menggelar Anniversary Cup 2018 adalah: Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Patriot, Stadion Pakansari, dan Stadion Wibawa Mukti. (syr/bac)