Sandiaga Yakin Asian Para Games 2018 Tersukses dalam Sejarah

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 13/04/2018 16:56 WIB
Sandiaga Yakin Asian Para Games 2018 Tersukses dalam Sejarah Sandiaga Uno yakin Asian Para Games 2018 jadi yang paling sukses sepanjang sejarah. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, optimistis Asian Para Games 2018 bisa jadi yang paling sukses sepanjang sejarah.

Dengan waktu enam bulan tersisa, Sandiaga tetap berharap semua pihak bisa memanfaatkan agar segala sesuatunya agar Asian Para Games 2018 bisa berjalan baik. Pasalnya, pria berkacamata itu ingin Asian Para Games 2018 dapat memberikan kesan bagus bagi banyak pihak.

Sejauh ini ajang Asian Para Games baru dua kali digelar. Guangzhou, China, menjadi yang pertama pada 2010, lalu empat tahun kemudian giliran Incheon, Korea Selatan, pada 2014.


"Tadi saya langsung cek GBK [Gelora Bung Karno] mengenai aksesnya termasuk arena akuatik. Saya dapat konfirmasi bahwa kami [Indonesia] dalam keadaan hitung mundur terakhir, dan saya optimistis Asian Para Games 2018 akan jadi yang paling sukses dalam sejarah," ujar Sandiaga kepada para awak media dalam konferensi pers Coordination Commission Meeting Asian Para Games 2018 di Hotel Mulia Senayan pada Jumat (13/4) siang.

Selain berbicara soal kawasan GBK, Sandiaga juga menyinggung kawasan Kemayoran yang akan menjadi venue Asian Para Games lainnya. Di Kemayoran, Asian Para Games 2018 akan digelar di Jakarta International Expo Kemayoran. Di wilayah itu juga terdapat wisma atlet yang akan tempat tinggal sementara para atlet Asian Games serta Asian Para Games 2018.
Wisma Atlet Kemayoran diklaim tidak lagi berbau setelah ada rekayasan pengelolaan air.Wisma Atlet Kemayoran diklaim tidak lagi berbau setelah ada rekayasan pengelolaan air. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Menurut Sandiaga masalah di Kemayoran khususnya mengenai aroma tidak sedap di kawasan itu sudah teratasi. Sebelumnya, Presiden Komite Paralimpiade Asia Majid Rashed sempat mengeluhkan bau tak sedap yang timbul akibat sistem pengairan yang buruk di sana.

"Aroma tidak sedap di Kemayoran sudah kami rekayasa dengan melakukan pengelolaan [air] yang lebih baik," ucap Sandi.

Sandiaga Yakin Asian Para Games 2018 Jadi yang Paling Sukses
Sandi juga mengatakan saat ini pihaknya masih mengupayakan agar promosi Asian Para Games tidak kalah dengan Asian Games 2018. Pemprov DKI Jakarta akan gencar membantu promosi Asian Para Games 2018 pada tiga pekan sebelum penyelenggaraan.

"Kami [pemerintah DKI Jakarta] konkret saja. Kami akan gunakan fasilitas di DKI untuk mempromosikannya," ujar Sandi.

Pemprov DKI Jakarta akan membantu promosi Asian Para Games 2018.Pemprov DKI Jakarta akan membantu promosi Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Hanya saja berbeda dengan Asian Games 2018, Pemprov DKI Jakarta kemungkinan tidak berniat meliburkan kegiatan sekolah selama Asian Para Games 2018.

"Karena jumlah atlet dan nomor pertandingan Asian Para Games lebih sedikit dibanding Asian Games 2018, mungkin rekomendasinya sekolah tidak diliburkan selama Asian Para Games 2018," tutur Sandi.

Sementara itu Ketua Umum INAPGOC (panitia penyelenggara Asian Para Games 2018) Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya memerlukan dukungan yang maksimal untuk kesuksesan Asian Para Games 2018.

"Semua mata dunia bakal tertuju ke kami. Ini tidak hanya soal pertandingan, tapi soal Indonesia yang merupakan negara yang bersahabat kepada atlet difabel. Semoga kami bisa mendapat hasil yang baik di Asian Games dan Para Games 2018," pungkas Okto. (bac)