Barcelona Unggul 1-0 Atas Valencia di Babak Pertama

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 22:03 WIB
Barcelona Unggul 1-0 Atas Valencia di Babak Pertama Luis Suarez mencetak gol pertama untuk Barcelona di laga lawan Valencia. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona berhasil mengakhiri babak pertama duel lawan Valencia dengan skor 1-0 dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Sabtu (14/4).

Valencia lebih dulu mendapatkan peluang emas lewat Goncalo Guedes dan Santi Mina di 10 menit awal pertandingan.Namun peluang itu mampu digagalkan oleh Marc Andre ter Stegen dan lini belakang Barcelona.

Dalam situasi permainan terbuka, Barcelona akhirnya bisa mencuri gol di menit ke-15. Philippe Coutinho dengan jeli membaca pergerakan Luis Suarez di kotak penalti lalu mengirimkan umpan terobosan. Suarez mendapat bola dan dengan dingin mengarahkan tembakan ke tiang dekat yang tak bisa dibendung oleh kiper Valencia, Neto.


Duel Barcelona lawan Valencia berlangsung sengit di babak pertama.Duel Barcelona lawan Valencia berlangsung sengit di babak pertama. (Foto: REUTERS/Albert Gea)
Setelah kebobolan, Valencia terus berusaha menyerang lini pertahanan Barcelona. Ter Stegen memainkan peran penting karena ia berkali-kali mampu menghalau tembakan yang dilepaskan pemain-pemain Valencia. Salah satu penyelamatan gemilang Ter Stegen adalah ketika ia menggagalkan peluang Rodrigo di menit ke-24.

Barcelona juga berusaha untuk bisa menggandakan keunggulan di laga ini. Pada menit ke-33, kerjasama umpan-umpan pendek pemain Barcelona diakhiri umpan silang Luis Suarez ke kotak penalti. Lionel Messi menyundul bola umpan Suarez tetapi sundulannya masih jauh dari sasaran.

Hingga menit ke-35, Valencia terbukti jadi tim yang lebih agresif dengan catatan enam tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran. Tuan rumah Barcelona baru mencatat empat tembakan, dua di antaranya tepat sasaran dalam periode tersebut.

Pada menit ke-41, Lionel Messi mendapatkan kesempatan melakukan tendangan bebas. Namun jarak yang kurang ideal membuat tendangan bebas Messi tidak membahayakan gawang Valencia.

Tiga menit jelang bubar, Rodrigo mendapatkan bola liar di kotak penalti, tetapi tendangan kaki kiri Rodrigo kembali mampu dibaca dengan baik oleh Ter Stegen. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Barcelona. (ptr)