Rapor Diaspora Indonesia: Andik Vermansah Paling Bersinar

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 06:55 WIB
Rapor Diaspora Indonesia: Andik Vermansah Paling Bersinar Andik Vermansah tampil gemilang saat memimpin Kedah FA mengalahkan Selangor. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Timnas Indonesia Andik Vermansah menjadi pemain Indonesia paling bersinar di kompetisi luar negeri akhir pekan lalu karena membawa Kedah FA menang besar di Liga Super Malaysia.

Kedah FA sukses menaklukkan Selangor FA 4-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Darul Aman, Jumat (13/4). Andik memang tidak mencetak gol, tapi pemain 26 tahun itu menjadi inspirasi kemenangan Kedah dan menciptakan assist gol pertama yang dicetak Mohd Syazwan.

Selangor FA merupakan mantan klub Andik yang kini diperkuat dua pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn. Evan dan Ilham Udin tampil kurang impresif saat melawan Kedah FA.


Masih dari Liga Malaysia, bek Timnas Indonesia Achmad Jufriyanto gagal membawa Kuala Lumpur FA meraih kemenangan setelah ditahan imbang Pahang 2-2, Minggu (15/4).

Evan Dimas gagal membawa Selangor tampil apik di hadapan Kedah FA.Evan Dimas gagal membawa Selangor tampil apik di hadapan Kedah FA. (Foto: AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)
Dari Liga Thailand, dua pemain muda Indonesia Terens Puhiri dan Ryuji Utomo tidak bermain akhir pekan ini dikarenakan sedang berlangsung perayaan Songkran di Negeri Gajah Putih tersebut. Terens bahkan hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno menyaksikan laga Persija Jakarta vs Borneo FC pada Sabtu malam.

Di liga Eropa, penyerang naturalisasi Indonesia Ezra Walian menjadi cadangan tidak terpakai saat Almere City mengalahkan Jong PSV di Stadion Yanmar, Sabtu (14/4).

Ezra Walian makin susah mendapatkan tempat di tim inti Almere City.Ezra Walian makin susah mendapatkan tempat di tim inti Almere City. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain keturunan Indonesia lainnya, Gaston Salasiwa, sukses mencetak gol pertama Almere ketika mengalahkan Jong PSV 2-1. Almere saat ini menduduki peringkat 10 klasemen Eerste Divisie dengan 49 poin.

Masih dari Eerste Divisie, gelandang keturunan Indonesia Joey Suk menelan kekalahan setelah Go Ahead Eagles ditundukkan FC Eindhoven 1-3 di Stadion De Adelaarshorst. Suk bahkan mendapat kartu kuning pada laga tersebut.

Dari Liga Belgia, Sandy Walsh berhasil mengantarkan Zulte Waregem mengalahkan Royal Excel Mouscron 5-1 di Stadion Regenboog. Walsh bermain sebagai bek tengah pada pertandingan Grup A memperebutkan satu tiket playoff Liga Europa tersebut.

Rapor Diaspora Indonesia: Andik Vermansah Paling Bersinar
Zulte Waregem saat ini menduduki puncak klasemen Grup A dengan koleksi tujuh poin dari tiga pertandingan. (sry)