4 Kunci Manchester City Juara Liga Inggris 2017/2018

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 06:23 WIB
4 Kunci Manchester City Juara Liga Inggris 2017/2018 Manchester City sukses jadi tim terbaik di Liga Inggris musim ini. (REUTERS/Darren Staples)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester City berhasil jadi juara Liga Inggris 2017/2018. Ada sejumlah faktor kunci yang membawa 'The Citizens' jadi tim terbaik musim ini.

Manchester City telah memastikan titel juara Liga Inggris saat kompetisi masih menyisakan lima pertandingan lagi. Kepastian gelar Manchester City didapat setelah Manchester United kalah 0-1 dari West Bromwich Albion di Old Trafford, Minggu (15/4).

Meski kepastian gelar didapat setelah Manchester United kalah, penampilan konsisten Manchester City sejak awal musim jadi sebab utama skuat asuhan Pep Guardiola bisa jadi juara.


Ada empat faktor kunci di balik keberhasilan Manchester City juara Liga Inggris. Berikut empat kunci keberhasilan tersebut:


1. Pep Guardiola Sudah Punya Pengalaman di Liga Inggris

Pep Guardiola mengawali musim debutnya di Liga Inggris dengan catatan hampa gelar. Meski tak mendapat gelar, ada banyak pelajaran berharga yang didapat Guardiola dari musim 2016/2017. Guardiola belajar tentang ketatnya jadwal Liga Inggris plus persaingan yang lebih sengit karena tim favorit juara tak hanya ada 2-3 tim saja.

Pep Guardiola sudah punya pengalaman terhadap ketatnya atmosfer Liga Primer Inggris.Pep Guardiola sudah punya pengalaman terhadap ketatnya atmosfer Liga Primer Inggris. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Pengalaman dari musim pertama itu yang kemudian diaplikasikan dengan baik oleh Guardiola di musim keduanya. Mengarungi musim yang panjang, Guardiola tak lagi melakukan kesalahan seperti sebelumnya.

2. Start yang Bagus di Awal Musim

Manchester City berhasil jadi juara karena mereka mencatat start yang sangat impresif musim ini. Hal itu tak akan terbantahkan. Manchester City menorehkan 19 kemenangan dan satu hasil imbang dalam 20 laga awal mereka di Liga Inggris 2017/2018.

Kekalahan perdana Manchester City sendiri baru datang di bulan Januari saat mereka tumbang 3-4 melawan Liverpool di Anfield.Kekalahan itu tak membuat Manchester City goyah karena mereka sudah punya pondasi yang kuat berupa poin yang mereka kumpulkan dengan sangat baik sejak awal musim.

Manchester City mencatat start bagus di awal musim membuat mereka tak terkejar oleh tim-tim lainnya.Manchester City mencatat start bagus di awal musim membuat mereka tak terkejar oleh tim-tim lainnya. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)
Saat Manchester United menaklukkan 'The Citizens' pekan lalu, hal itu juga tak berdampak besar karena selisih poin hanya mengecil jadi 13 poin. Kekalahan Manchester City saat itu hanya berupa penundaan gelar liga, dan tim-tim lawan pun sadar benar akan hal itu.

3. Skuat yang Dalam

Manchester City musim ini bisa menampilkan dua tim yang sama baiknya. The Citizens punya skuat yang sangat dalam sehingga Pep Guardiola tak akan dipusingkan oleh cedera 1-2 pemain dalam perjalanan musim ini.

Manchester City punya skuat yang dalam dengan kemampuan yang tak jauh berbeda.Manchester City punya skuat yang dalam dengan kemampuan yang tak jauh berbeda. (Foto: Action Images via Reuters/Andrew Couldridge)
Dari lini belakang ke depan, setiap posisi pasti memiliki pengganti yang sepadan. Guardiola bisa dengan mudah melakukan pertukaran komposisi 11 pemain terbaik di tiap laga yang akan dijalani.

4. Pertahanan Lebih Tangguh

Manchester City musim lalu dikenal sebagai tim yang ganas di depan tetapi keropos di lini belakang. Pada tahun ini, Guardiola sukses membenahi masalah tersebut. Kini, Manchester City punya performa sama baiknya di kedua lini.

4 Kunci Manchester City Juara Liga Inggris 2017/2018
Sampai pekan ini, Manchester City tercatat sebagai tim paling produktif dengan 93 gol, unggul 15 gol dari Liverpool yang ada di posisi kedua. Namun yang jauh lebih pentig adalah Manchester City juga jadi tim yang paling minim kebobolan dengan catatan 25 gol dalam 33 pertandingan. (ptr)