Stadion Luzhniki

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 14:30 WIB
Stadion Luzhniki Stadion Luzhniki menjadi salah satu titik keramaian di Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / Dmitry SEREBRYAKOV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Stadion Luzhniki akan menjadi tempat perhelatan pembuka dan penutup Piala Dunia 2018. Stadion milik pemerintah Moskow itu menjadi stadion terbesar diantara stadion-stadion lain yang digunakan untuk Piala Dunia 2018.

Kapasitasnya yang dapat menampung hingga 80 ribu penonton mendukung peruntukan sebagai tuan rumah penyelenggaraan pembukaan dan laga final. Selain itu, stadion yang pernah digunakan untuk Olimpiade 1980 itu juga akan menggelar satu laga 16 besar dan satu laga semifinal.

Dibangun pada 1950-an, stadion yang mendapat kategori bintang empat dari UEFA itu kerap menjadi tuan rumah berbagai pertandingan Timnas Rusia serta markas klub Spartak, CSKA, dan Torpedo. Stadion ini juga jadi saksi sejarah untuk pertandingan final Liga Champions pada 2008 ketika Manchester United mengalahkan Chelsea.


Pembangunan menjelang Piala Dunia membuat trek atletik yang mengelilingi lapangan hilang diganti tribune penonton. (nva)