Zidane dan Penghuni Peringkat 59 Top Skor Piala Dunia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 15:08 WIB
Zidane dan Penghuni Peringkat 59 Top Skor Piala Dunia Zinedine Zidane berada di peringkat ke-59 daftar top skor Piala Dunia. (AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masuk deret top skor Piala Dunia bukan prestasi gampangan. Legenda timnas Perancis Zinedine Zidane saja hanya mampu berada di peringkat 59 top skor Piala Dunia sepanjang masa.

Zidane tak sendirian. Ia berada satu level bersama para legenda lainnya seperti Michel Platini (Perancis), Romario (Brasil), dan Roger Milla (Kamerun) yang sukses mengoleksi lima gol di berbagai edisi.

Lima gol Zidane dicetak dalam tiga edisi Piala Dunia yang ia ikuti sejak 1998 di Perancis hingga Piala Dunia 2006 di Jerman. Pria yang kini melatih Real Madrid itu telah mencatatkan 12 penampilan di Piala Dunia.


Di Piala Dunia 1998, Zidane mencetak dua gol penting kala Perancis melawan Brasil di partai final. Sepasang gol tersebut dicetak di babak pertama, masing-masing di menit ke 27 dan menit 45.

Meski berperan sebagai gelandang serang, Zinedine Zidane terbilang produktif cetak gol.Meski berperan sebagai gelandang serang, Zinedine Zidane terbilang produktif cetak gol. (AFP PHOTO / PATRICK HERTZOG)
Pertandingan berakhir dengan kemenangan Perancis 3-0 atas Brasil sekaligus sukses mengantar Perancis menjuarai Piala Dunia untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Empat tahun berselang, Perancis yang berstatus sebagai juara bertahan dan difavoritkan juara justru tampil buruk di fase grup. Les Bleus bahkan tidak mampu mencetak gol sama sekali.

Zidane dan Mereka yang Huni Peringkat 59 Top Skor Piala Dunia
Zinedine Zidane hanya tampil dalam satu pertandingan melawan Denmark di pertandingan terakhir fase grup. Ia terpaksa absen pada dua laga sebelumnya akibat cedera.

Zidane kembali tampil di Piala Dunia 2006 di Jerman bersama timnas Perancis dengan torehan tiga gol. Namun, Perancis harus puas meraih runner up usai dikalahkan Italia di final.

Zinedine Zidane kini melanjutkan karier sebagai pelatih Real Madrid.Zinedine Zidane kini melanjutkan karier sebagai pelatih Real Madrid. (LeagueReuters / Kai Pfaffen)
Keran gol Zizou baru terbuka di pertandingan 16 besar saat Perancis melawan Spanyol. Pada saat itu ia menyumbangkan satu gol di masa injury time dalam kemenangan 3-1 Perancis atas Spanyol.

Satu gol Zidane kembali menjadi penentu kemenangan tipis Perancis 1-0 atas Portugal di babak semifinal melalui tendangan penalti di menit ke-33.

Pada laga final melawan Italia, Zidane kembali mencetak gol melalui tendangan penalti di menit ketujuh. Berakhir sama kuat 1-1, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti yang dimenangkan Italia dengan skor 5-3 atas Perancis.

Zidane merupakan satu di antara 32 pemain yang mengoleksi lima gol di Piala Dunia. Sebanyak 21 pemain di antaranya berasal dari Eropa dan sembilan lainnya dari Amerika Latin.

Daftar pemain peringkat ke-59 top skor Piala Dunia:

Uruguay: Pedro Cea, Juan Alberto Schiaffino, Luis Suarez
Italia: Silvio Piola, Allesandro Altobelli
Hungaria: Gyula Zsengeller
Irlandia Utara: Peter McParland
Cekoslovakia: Tomas Skuhravy
Inggris: Geoff Hurst
Denmark: Jon Dahl Tomasson
Swedia: Kennet Anderson, Henrik Larsson
Spanyol: Fernando Morientes, Emilio Butragueno, Raul, Fernando Hierro
Brasil: Romario, Garrincha, Zico
Belgia: Marc Wilmots
Australia: Tim Cahill
Rusia: Valentin Ivanov
Kamerun: Roger Milla
Austria: Hans Karnkl
Argentina: Gonzalo Higuain, Lionel Messi
Belanda: Johan Neeskens
Perancis: Zinedine Zidane, Michel Platini
Amerika Serikat: London Donovan
Jerman: Lukas Podolski, Franz Beckenbauer (cup/jun)