PSSI: Timnas Indonesia Harus Berani Lawan Tim Kuat

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 21:28 WIB
PSSI: Timnas Indonesia Harus Berani Lawan Tim Kuat Timnas Indonesia diminta berani menunjukkan kualitasnya di Anniversary Cup 2018 nanti. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI berharap Timnas Indonesia tidak sungkan menunjukkan kekuatannya dan berani menghadapi tim-tim kuat di ajang PSSI Anniversary Cup (PAC) 2018 yang digelar di Stadion Pakansari pada 27 April hingga 3 Mei mendatang.

Dalam ajang tersebut, skuat Merah Putih akan bertanding melawan tiga tim yang secara peringkat dalam FIFA lebih tinggi dari Indonesia. Ketiga tim tersebut adalah Korea Utara, Bahrain, dan Uzbekistan.

"Tidak mudah lawan tiga lawan ini: Korea Utara, Uzbekistan, Bahrain. Lawan tim yang unggul, Timnas Indonesia harus berani ambil risiko [melawan tim kuat]. Persiapan maksimal untuk Asian Games 2018 harus dari sekarang," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ketika dihubungi CNNIndonesia.com pada Senin (16/4) siang.

Khusus untuk turnamen Anniversary Cup 2018 ini PSSI berharap persiapan Timnas Indonesia berjalan lancar dan seluruh pemain yang diharapkan pelatih Luis Milla juga bisa bergabung.

Timnas Indonesia kali terakhir melakoni uji coba melawan Singapura dalam laga tandang.Timnas Indonesia kali terakhir melakoni uji coba melawan Singapura dalam laga tandang. (Dok. PSSI)
"Dari segi persiapan tim, Timnas Indonesia akan mulai memanggil pemain pada 22 dan 23 April. Pada saat itu, 90 persen skuat harus jadi. Klub sudah tahu ada periode pemanggilan," ucapnya menambahkan.

Dalam persiapan menuju Asian Games 2018, Timnas Indonesia sudah beberapa kali melakoni laga uji coba internasional. Sebut saja laga melawan Suriah, Islandia, dan laga tandang di Singapura.

PSSI: Timnas Indonesia Harus Berani Lawan Tim Kuat
Lebih lanjut, Tisha menjelaskan persiapan PSSI dalam menggelar ajang tersebut. Dari segi pelaksanaan, lanjutnya, PSSI sudah bolak-balik ke Stadion Pakansari.

"Di ajang ini, kami ada sinkronisasi dengan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC yang menjadi peninjau. Hal ini lantaran ajang ini sebagai bagian dari test event Asian Games 2018," Tisha menuturkan.

Anniversary Cup 2018 digelar di Stadion Pakansari karena tempat tersebut akan menjadi salah satu venue Asian Games 2018.Anniversary Cup 2018 digelar di Stadion Pakansari karena tempat tersebut akan menjadi salah satu venue Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Selain menjadi persiapan buat Timnas Indonesia, Anniversary Cup 2018 sekaligus menjadi test event Asian Games dimana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Kesiapan venue pertandingan juga menjadi salah satu perhatian khusus.

Untuk itu, seluruh pertandingan Anniversary Cup 2018 bakal digelar di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, yang merupakan satu dari empat stadion yang akan dipakai dalam pelaksanaan Asian Games nanti. Tiga stadion lainnya yang akan menjadi venue Asian Games 2018, yakni Patriot Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang dan Si Jalak Harupat Bandung.

Jadwal Pertandingan PSSI Anniversary Cup 2018

Jumat 27 April 2018

16.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara

19.30 WIB: Indonesia vs Bahrain

Senin 30 April 2018

16.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan

19.30 WIB: Indonesia vs Korea Utara

Kamis 3 Mei 2018

16.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain

19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan (jun)