Lima Insiden Suporter Masuk Lapangan di Liga Indonesia

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 21:50 WIB
Lima Insiden Suporter Masuk Lapangan di Liga Indonesia Suporter Arema rusuh saat berhadapan dengan Persib Bandung, Minggu (15/4). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kerusuhan suporter kembali terjadi di kompetisi sepak bola Indonesia. Kali ini suporter Arema FC yang merangsek masuk saat Singo Edan menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4).

Selain turun ke dalam lapangan, suporter juga melakukan pelemparan dari berbagai benda. Pelatih Persib Mario Gomez bahkan menderita luka di kepala akibat pelemparan dari suporter.

PSSI melalui Komite Disiplin (Komdis) sebenarnya sudah sering menghukum menjatuhkan sanksi bagi klub yang suporternya membuat keributan. Namun, insiden semacam ini kerap terulang.


CNNIndonesia.com mencoba merangkum lima pertandingan yang berimbas pada masuknya suporter ke dalam lapangan serta sanksi yang didapat setelah itu. Berikut rangkumannya:

1. Persib Bandung vs Bhayangkara FC (Liga 1 2017)

Suporter Persib Bandung merangsek masuk lapangan pada laga kontra Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 4 Juni 2017. Suporter Persib masuk ke lapangan untuk menghampiri memprotes penampilan para pemain Maung Bandung yang dianggap tampil buruk.

Tak hanya masuk lapangan, para pendukung Persib juga menyalakan suar dan melemparkannya ke lapangan. Bahkan sempat ada aksi saling lempar sesama pendukung Persib.

Suporter Persib Bandung ricuh saat melawan Bhayangkara FC.Suporter Persib Bandung ricuh saat melawan Bhayangkara FC. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Komdis PSSI memberikan sanksi denda Rp15 juta kepada Bhayangkara FC karena penonton masuk ke dalam lapangan. Sedangkan Persib dikenakan sanksi larangan mengenakan atribut ke dalam stadion sebanyak tiga pertandingan dan didenda Rp45 juta.

2. Madura United vs Borneo FC (Liga 1 2017)

Pertandingan Madura United melawan Borneo FC pada Jumat, 13 Oktober 2017 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Madura berujung ricuh.

Suporter Madrua United juga melakukan tindakan serupa musim lalu.Suporter Madrua United juga melakukan tindakan serupa musim lalu. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Suporter Madura United masuk ke lapangan dan diduga melakukan kekerasan kepada wasit. Lainnya, melempar berbagai barang ke arah lapangan, bahkan sebagian suporter berusaha menyerang wasit.

3. PSIR Rembang vs Persis Solo (Liga 2 2017)

Pada pertandingan antara PSIR Rembang kontra Persis Solo, 16 Juli 2017 telah terjadi pelanggaran terhadap aturan Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Suporter PSIR Rembang dengan Persis Solo saling lempar dan masuk lapangan pertandingan hingga pertandingan tidak dapat dilanjutkan.

Insiden tersebut membuat Persis Solo menolak untuk melanjutkan pertandingan meski sudah mendapatkan jaminan keamanan.

Persis Solo juga memiliki basis suporter fanatik.Persis Solo juga memiliki basis suporter fanatik. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Sebagai sanksi, Panpel pertandingan PSIR didenda Rp10 juta. Sedangkan Persis Solo dikenakan sanksi kalah 3-0 serta pengurangan nilai 3 dan denda Rp100 juta. Komdis PSSI juga memberikan sanksi larangan bagi suporter Persis Solo memasuki stadion sebanyak dua kali.

4. Persib Bandung vs Persija Jakarta (Liga 1 2017)

Persija Jakarta dan Persib Bandung dikenal dengan rivalitas suporter. Hampir di setiap pertemuan kedua tim dihiasi intimidasi yang dilakukan suporter, termasuk pada laga tandang Persija ke markas Persib di kompetisi Liga 1 musim lalu, 22 Juli 2017.

Suporter Persib melakukan pelemparan. Ini merupakan pelanggaran berulang yang membuat panpel Persib didenda Rp130 juta. Selain itu, suporter Persib juga dilarang hadir di stadion sebanyak lima kali.

5. PSS Sleman vs Persibas Banyumas (Liga 2 2017)

Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada PSS Sleman usai pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum suporter pada pertandingan tandang ke markas Persibas Banyumas, Sabtu, 22 Juli 2017. Dalam kejadian itu satu nyawa warga Temanggung melayang.

Atas kejadian itu, suporter PSS Sleman dilarang memasuki stadion selama empat pertandingan. (jun/nva)