Kick Off Persija vs Persib Berpeluang Dimajukan

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 19:07 WIB
Kick Off Persija vs Persib Berpeluang Dimajukan Kick off laga Persija Jakarta vs Persib Bandung mungkin dimajukan. (CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kick off pertandingan antara Persija Jakarta vs Persib Bandung pada pekan keenam Liga 1 2018 berpeluang dimajukan dari jadwal semula.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana memajukan jadwal pertandingan Persija vs Persib yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 28 April mendatang.


Semula duel Persija vs Persib dijadwalkan 18.30 WIB. Namun, Direktur Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy mengatakan laga tersebut bisa digelar lebih cepat.

"Kami tetap memperhatikan aspek keamanan yang lain, katakanlah bisa saja jadwal pertandingan dimajukan pada sore hari karena ada masukan dari pihak keamanan juga," kata Tigor kepada para awak media, Senin (16/4) sore.

Duel Persija vs Persib di Bandung sempat terjadi gesekan antarpemain.Sempat terjadi gesekan antarpemain saat Persib jamu Persija di Liga 1 2017. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Tigor menegaskan bahwa kemungkinan perubahan yang terjadi hanya memajukan laga bebebapa jam dari jadwal semula.

"Kami tidak akan mengubah jadwal. Kalau perubahan waktu kick off, mungkin bisa," katanya menambahkan.

Kick Off Persija vs Persib Berpeluang Dimajukan
Lebih lanjut, Tigor belum bisa memastikan kemungkinan jumlah pendukung Persib untuk laga tersebut. Yang jelas, Tigor ingin masyarakat sepak bola Indonesia mengerti bahwa jika para pendukung Persib dilarang datang ke SUGBK karena alasan keamanan.

"Harus ada pembicaraan lagi dengan panpel [panitia penyelenggara] dalam hal ini. Secara regulasi, harusnya Persib tetap dapat [dukungan 5% dari jumlah penonton stadion]. Akan tetapi ada aspek lain yang harus jadi pertimbangan juga," ucap Tigor.

Persib Bandung akan melawat ke markas Persija, 28 April mendatang.Persib Bandung akan melawat ke markas Persija, 28 April mendatang. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Sementara itu Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria akan berbicara dengan kedua klub yang bersangkutan agar tidak terjadi kerusuhan di SUGBK. Tisha menyampaikan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Tak ada yang bisa antisipasi [kerusuhan] selain diri kita sendiri dalam hal ini klub untuk mengedukasi suporternya. Yang menjadi PR [pekerjaan rumah] besar adalah mengendalikan emosi masing-masing. Sekarang, yang bisa dilakukan adalah menyediakan penyelenggaraan pertandingan senyaman mungkin," ujar Tisha kepada CNNIndonesia.com.

Persija saat ini berada di posisi ketiga dalam klasemen sementara Liga 1 dengan perolehan tujuh poin atau sama dengan Persebaya Surabaya yang berada di peringkat kedua.

Mereka terpaut satu poin saja dari Persipura Jayapura yang berada di peringkat pertama. Sedangkan Persib berada di urutan ke-9 dengan lima poin. (jun/nva)