Valverde: Messi Masih Punya Banyak Tenaga untuk Piala Dunia

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 05:50 WIB
Valverde: Messi Masih Punya Banyak Tenaga untuk Piala Dunia Ernesto Valverde jarang menyimpan Lionel Messi di laga Barcelona musim ini. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menjamin Lionel Messi masih memiliki banyak tenaga untuk berlaga di Piala Dunia 2018.

Masyarakat Argentina khawatir Messi tidak berada dalam kondisi terbaik di Piala Dunia 2018 mendatang. Dalam dua laga uji coba melawan Italia dan Spanyol, Messi tidak bisa tampil karena merasa kurang fit. Namun setelah momen itu, Messi kembali beraksi di tiap laga yang dimainkan oleh Barcelona.

Lantaran Barcelona saat ini hanya butuh tujuh poin untuk mengunci gelar juara La Liga dan sudah tersingkir dari Liga Champions, publik Argentina berharap Messi bisa lebih banyak mendapatkan istirahat.

"Tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Saya tak tahu harus berkata apa [untuk meyakinkan mereka], namun mereka bisa lebih rileks di Argentina."

Ernesto Valverde yakin Lionel Messi masih punya banyak tenaga tersisa untuk Piala Dunia 2018.Ernesto Valverde yakin Lionel Messi masih punya banyak tenaga tersisa untuk Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Heino Kalis)
"Perjalanan menuju Piala Dunia masih panjang dan Messi masih punya banyak energi tersisa untuk Piala Dunia nanti," tutur Valverde seperti dikutip dari ESPN.

Barcelona memang benar-benar memaksimalkan tenaga Messi di musim ini. Bintang Argentina itu sudah bermain dalam 48 laga dengan catatan 39 gol. Messi hanya absen di empat pertandingan Barcelona musim ini, tiga saat babak awal Copa del Rey dan satu laga lainnya adalah duel lawan Malaga di La Liga saat anak ketiganya lahir.

Lionel Messi diharapkan bisa membawa Argentina berjaya di Piala Dunia 2018.Lionel Messi diharapkan bisa membawa Argentina berjaya di Piala Dunia 2018. (Foto: AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)
Dengan usia menginjak 31 tahun, Piala Dunia 2018 disebut sebagai kesempatan terakhir Messi untuk bisa membawa Argentina juara. Pada empat tahun lalu, Messi dan Argentina harus puas jadi runner up Piala Dunia setelah kalah 0-1 dari Jerman di babak final.

Messi sempat mendapatkan kritikan keras setelah ia berkali-kali gagal membawa Argentina juara. Pada periode 2014-2016, Messi hanya mampu membawa Argentina jadi runner up pada ajang Piala Dunia dan Copa America. Messi bahkan sempat menyatakan pensiun dari Timnas Argentina pasca Copa America 2016 sebelum menarik kembali keputusannya tersebut.

Valverde: Messi Masih Punya Banyak Tenaga untuk Piala Dunia
Setelah kembali ke Timnas Argentina, Messi adalah pemain paling berjasa untuk meloloskan Argentina ke putaran final Piala Dunia. (ptr)