Iniesta Diklaim ke Liga Super China Demi Bisnis Wine

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 07:52 WIB
Iniesta Diklaim ke Liga Super China Demi Bisnis Wine Andres Iniesta diklaim ke Liga Super China karena bisnis wine. (AFP PHOTO / JOSEP LAGO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, diklaim pindah ke Liga Super China musim depan karena bisnis wine atau minuman beralkohol dari anggur.

Iniesta direncanakan bakal menggelar perpisahan dirinya akhir musim ini. Pihak agen Iniesta dan klub Liga Super China kabarnya sudah sepakat terkait pemain 33 tahun itu bakal merumput di sana.

Nama klub itu sendiri masih dirahasiakan karena belum ada kesepakatan secara tertulis. Dilansir dari Marca, salah satu kesepakatan itu bukan hanya menyangkut nilai kontraknya di klub tersebut.


Salah satu yang membuat pihak Iniesta tergiur adalah prospek besar pemasaran bisnis wine perusahaan miliknya. Seperti diketahui, Iniesta memiliki perusahaan minuman anggur bernama Bodega Iniesta.

Iniesta Diklaim ke Liga Super China Demi Bisnis WineAndres Iniesta telah menjalankan perusahaan anggur miliknya sejak 1990. (Reuters / Paul Hanna)
Pemasaran wine produksi Bodega Iniesta memang tidak terlalu bagus di Spanyol. Namun, wine dari perusahaan itu justru kabarnya laris manis di China.

Salah satu jenis minuman anggur yang paling diminati di Negeri Tirai Bambu itu adalah jenis Manchego Wine yang diproduksi Bodega Iniesta.

Dalam kesepakatan dengan klub China tersebut seperti keterangan dari sumber Marca, Bodega Iniesta mendapatkan izin penjualan dua juta botol wine per tahun di pasar China.

Iniesta Diklaim ke Liga Super China Demi Bisnis Wine
Bodega Iniesta didirikan oleh ayah Iniesta sejak 1990 dengan kebun anggur seluas 10 hektare di desa Fuentealbilla, di distrik otonomi La Manchuela. Awal-awal pendirian, pemasarannya pun belum besar.

Wine tersebut hanya dipasarkan secara lokal di beberapa daerah di Spanyol. Namun, masih kalah bersaing dengan merek-merek terkenal lainnya.

Pada 2010, Iniesta pun mengambil alih pengelolaan dan mulai dilakukan modernisasi produksi serta pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas ke negara-negara Eropa.

Pihak perusahaan pernah mencoba memasarkannya ke Amerika Serikat pada 2016 demi mendongkrak penjualan dan produksi wine merek tersebut. Penjualan di negeri Paman Sam itu pun cukup bagus.

Baru-baru ini, beberapa merek anggur produksi Bodega Iniesta pun sangat laku di pasaran Asia, terutama di China. (sry)