Jadi Tim Tersubur, Perancis Gagal Juara di Piala Dunia 1958

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 14:58 WIB
Jadi Tim Tersubur, Perancis Gagal Juara di Piala Dunia 1958 Just Fontaine (tengah) menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia 1958 dengan torehan 13 gol. (AFP PHOTO / STAFF)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Perancis gagal juara di Piala Dunia 1958 meski menjadi tim yang paling banyak membobol gawang lawan dengan mencetak 23 gol sepanjang turnamen.

Mencetak banyak gol ternyata bukan jaminan bagi sebuah tim untuk menjuarai Piala Dunia dan itu sudah dibuktikan timnas Perancis pada Piala Dunia edisi keenam di Swedia.

Di ajang itu Perancis harus puas menempati peringkat ketiga meski mampu mengemas 23 gol. Jumlah gol tersebut menjadi yang terbanyak di antara 16 tim peserta Piala Dunia 1958 lainnya.

Tim berjuluk Les Bleus itu memulai kiprahnya di Piala Dunia 1958 dengan berada satu grup bersama Paraguay, Yugoslavia, dan Skotlandia.


Di pertandingan fase grup pertama melawan Paraguay, Perancis langsung mencetak tujuh gol. Penyerang timnas Perancis, Just Fontaine, mencatatkan hattrick pada pertandingan yang berakhir dengan skor 7-3 itu.

Timnas Perancis pernah memiliki rapor sebagai pencetak gol terbanyak di turnamen Piala Dunia.Timnas Perancis pernah memiliki rapor sebagai pencetak gol terbanyak di turnamen Piala Dunia. (AFP PHOTO / Olga MALTSEVA)
Di dua pertandingan fase grup lainnya, Perancis berhasil mencetak empat gol masing-masing dua gol melawan Yugoslavia dan Skotlandia.

Pada fase gugur mulai dari babak perempat final hingga perebutan tempat ketiga, total 12 gol berhasil dicetak Tim Ayam Jantan.

Tim yang kala itu ditangani Nicolas Paul mencetak empat gol tanpa balas melawan Irlandia Utara di laga perempat final. Di semifinal melawan Brasil, Perancis mencetak dua gol walaupun harus gagal ke final setelah Brasil mencetak lima gol ke gawang Perancis yang dijaga kiper Claude Abbes.

Meski Tidak Juara, Perancis Tim Tersubur di Piala Dunia 1958
Perancis kembali mencetak banyak gol di pertandingan perebutan tempat ketiga melawan Jerman Barat. Setengah lusin gol bersarang di gawang Jerman Barat yang dijaga Heinz Kwiatkowski. Just Fontaine mencetak quattrick dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 6-3 itu.

Dari total 23 gol yang dicetak Perancis di Piala Dunia 1958, sebanyak 13 gol di antaranya dicetak oleh Just Fontaine. Sementara itu, sepuluh gol Perancis lainnya dicetak oleh lima pemain berbeda.

Raihan itu membuat Fontaine meraih predikat pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1958 dan berhak atas penghargaan Sepatu Emas. Hingga kini belum ada pemain yang mengalahkan raihan 13 gol milik Fontaine dalam satu edisi Piala Dunia.

Di Piala Dunia 1998 timnas Perancis menjadi juara sekaligus pencetak gol terbanyak di turnamen itu dengan 15 gol.Di Piala Dunia 1998 timnas Perancis menjadi juara sekaligus pencetak gol terbanyak di turnamen itu dengan 15 gol. (AFP PHOTO / PATRICK HERTZOG)
Sebanyak 23 gol Perancis di Piala Dunia 1958 dicetak melalui enam pertandingan yang telah dimainkan dari fase grup hingga gugur.

Apabila dirata-rata, Perancis mencetak 3,83 gol per pertandingan. Dengan jumlah pertandingan yang sama, raihan tersebut mengungguli jumlah gol tim lainnya seperti Brasil, Swedia, dan Jerman Barat.

Dalam kategori tim terbanyak mencetak gol di satu edisi Piala Dunia, Perancis hanya kalah oleh Hungaria yang berhasil mengemas 27 gol di Piala Dunia 1954.

Menariknya, di antara tim peserta Piala Dunia 1958, Perancis juga menjadi tim paling sering kebobolan dengan total 15 gol dalam enam pertandingan.
(cup/bac)