Harapan Portugal dan Ambisi Ronaldo di Piala Dunia

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 16:08 WIB
Harapan Portugal dan Ambisi Ronaldo di Piala Dunia Timnas Portugal memburu Piala Dunia pertama setelah berhasil menjadi juara Piala Eropa. (AFP PHOTO / FRANCISCO LEONG)
Jakarta, CNN Indonesia -- Portugal merupakan salah satu negara Eropa yang kerap masuk dalam kategori unggulan di sebuah kejuaraan besar. Namun timnas berjuluk Selecao das Quinas baru bisa meraih gelar bergengsi di Piala Eropa 2016.

Di masa Cristiano Ronaldo, Portugal juga berupaya meretas asa menjadi juara di Piala Dunia 2018 setelah melewati fase kualifikasi yang tidak mudah. Usai menyandang predikat sebagai peringkat ketiga pada 1966, Portugal sempat menembus peringkat empat di Piala Dunia 2006. Namun pada dua penyelenggaraan Piala Dunia terakhir, Portugal tak meninggalkan torehan yang berkesan.

Cristiano Ronaldo akan tampil di Piala Dunia yang keempat bersama timnas Portugal.Cristiano Ronaldo akan tampil di Piala Dunia yang keempat bersama timnas Portugal. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Portugal merupakan salah satu negara yang tidak pernah absen di Piala Dunia sejak 2002. Dalam lima edisi pesta sepak bola antarnegara empat tahunan itu, negara di semenanjung Iberia itu selalu tampil di putaran final.

Bersama Fernando Santos di kursi pelatih, dan sederet pemain top seperti Ronaldo, Bernardo Silva, serta Andre Gomes, Portugal akan memulai persaingan dengan Maroko, Iran, dan Spanyol di Grup B Piala Dunia 2018. (nva/har)